es_cincau_hijau
Resep Minuman

√ Cara Membuat Es Cincau Segar Sederhana dan Lezat



Cara Membuat Es Cincau Segar – Es cincau hijau merupakan salah satu minuman tradisional asli Indonesia. Es cincau hijau ini terbuat dari daun cincau yang pengerjaannya dilakukan secara manual tanpa menggunakan alat atau bisa dikatakan menggunakan tangan kita sendiri.

Cara Membuat Es Cincau Segar

Cara Membuat Es Jelly Rumput


Pengolahannya dengan cara diuleni kemudian dilakukan tahapan proses penyaringan dan pendinginan agar cincau menjadi padat dan kenyal seperti agar-agar.

Setelah cincau menjadi padat dan kenyal kemudian sajikan dengan santan dan air gula merah serta tambahan es parut, dan jadilah. es cincau hijau dingin dan segar.

Rasanya yang segar, manis dan enak membuat es cincau digemari masyarakat, selain itu harganya juga sangat terjangkau. Biasanya kita banyak menjumpai penjual cincau di tempat keramaian atau di pinggir jalan.

Bahkan ada yang berjualan dengan berkeliling ke perumahan dan di sekolah. Intinya, cincau ini sudah menjadi minuman yang mudah ditemukan di sekitar Anda. Kali ini Resepkuerenyah.com akan mengulas cara membuat es cincau. Berikut resep es cincau hijau.

es_cincau_hijau

Simak cara membuat cincau segar dan enak di bawah ini

Bahan untuk membuat cincau hijau:

  • Daun cincau hijau secukupnya
  • Sedikit garam
  • 3 gelas air matang dingin
  • Santan yang telah direbus atau dimasak sesuai selera
  • Air gula merah yang sudah dimasak sesuai selera

Cara membuat minuman cincau hijau:

  1. Pertama kita siapkan bahan seperti santan rebus dan air gula merah matang. Dan sisihkan dulu.
  2. Lalu kita buat cincau, kita cuci cincau sampai benar-benar bersih lalu kita tiriskan.
  3. Siapkan wadah atau baskom lalu kita campurkan air rebusan dingin dengan daun cincau dan beri sedikit garam, lalu kita uleni dengan tangan hingga air berubah menjadi hijau dan terlihat kental. Sebelum meremas daun cincau, cuci tangan hingga bersih lalu gunakan sarung tangan plastik. Sehingga cincau itu steril dan higienis.
  4. Setelah diuleni, saring air cincau, lalu diamkan di lemari es selama kurang lebih 1 jam.
  5. Setelah 1 jam berlalu, air cincau akan menjadi kenyal dan padat seperti bentuk agar-agar.
  6. Kemudian kita siapkan gelasnya, lalu tuangkan cincau ke dalamnya lalu beri santan dan air gula merah secukupnya.
  7. Kita bisa menambahkan es batu serut jika lebih suka yang dingin. Kita bisa langsung menikmati es cincau hijau yang segar.

Baca juga: Cara Membuat Es Buto Ijo

Itulah informasi tentang resep cara membuat es cincau yang enak dan nikmat. Saat cuaca panas atau panas, cincau sangat cocok untuk dinikmati dan dapat mengurangi rasa haus dan haus kita, serta dapat menyegarkan tubuh kita. Wah, betapa enak dan segarnya cincau hijau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *