resep kue garpu
Resep Jajanan

√ Cara Membuat Kue Garpu Renyah dan Gurih



Mendengar namanya mungkin bayangan kita garpu kue akan mirip dengan garpu alat makan. Ternyata tidak, cake ini sama sekali tidak mirip dengan garpu, hanya saja bentuknya yang agak bergerigi cukup mirip dengan gerigi pada garpu tersebut.

Cara Membuat Kue Garpu Renyah

Cara membuat kue garpu


Resep kue garpu cukup terkenal di beberapa daerah di Indonesia, meskipun setiap daerah memiliki sebutan yang berbeda. Misalnya di Semarang garpu kue disebut Kue klatak, di Tasikmalaya, Jawa Barat namanya Cookies cantik dll.

Terlepas dari apa namanya, kue garpu itu jenis kue yang renyah yang cocok untuk makan santai. Ingin mencoba membuat garpu sendiri di rumah? Pengikut cara membuat kue garpu serta bahan yang dibutuhkan.

resep kue garpu

Simak resep cara membuat kue garpu berikut ini:

Bahan untuk membuat garpu renyah:

  • 300 gram tepung terigu
  • 30 gram pati
  • 1 telur (kocok lepas)
  • 30 gram mentega (lelehkan)
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 buah bawang bombay pra atau seledri (diiris halus)
  • 1/4 sendok teh kue bubuk
  • 500 ml minyak goreng
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Garpu:

  1. Campur tepung terigu dan kanji dalam satu wadah lalu tambahkan garam, kaldu bubuk, panggang bubuk, dan mengiris daun bawang lalu aduk hingga rata. Tambahkan mentega cair dan aduk kembali hingga semua bahan tercampur.
  2. Selanjutnya masukkan telur kocok ke dalam adonan lalu taruh di atasnya meremas sampai adonan benar-benar matang membosankan.
  3. Jika adonan sudah dikonfirmasi membosankan selanjutnya siapkan garpu, ambil sedikit adonan lalu ratakan pada bagian belakang garpu lalu gulung hingga ujung garpu. Ulangi sampai semua adonan habis.
  4. Setelah semua adonan terbentuk barulah kita panaskan minyak goreng dengan api sedang lalu goreng hingga garpu matang. Tingkat kematangannya tergantung selera atau biasanya jika warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.
  5. Jika warnanya kuning kecoklatan angkat kemudian menguras.
  6. Kue garpu siap disajikan hangat atau dingin.

Baca juga: Cara Membuat Kue Akar Kelapa

Resep kue garpu Ini sengaja tidak menggunakan bahan penyedap rasa untuk menghindari rasa yang terlalu kuat dengan tetap menjaga kualitas rasa yang natural. Selain itu bagi sebagian orang penggunaan perasa dapat menimbulkan alergi atau gangguan kesehatan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *