Resep Membuat Manisan Pala Kering
Resep Makanan

√ Cara Membuat Manisan Pala Kering Lezat



Cara Membuat Manisan Pala Kering – Merasakan kesegaran manisan sayur atau manisan bogor, mungkin terlalu sering dan bosan. Jika sudah demikian, tidak ada salahnya Anda mencoba manisan lain seperti manisan pala.

Rasa unik manis, asam, segar dan hangat di tenggorokan bisa menjadi camilan yang nikmat sekaligus penyegar tubuh. Manfaat buah pala ini sangat baik untuk kesehatan

Cara Membuat Manisan Pala

Cara Membuat Manisan Pala Kering


Manisan pala terbuat dari biji pala yang telah diunggulkan dan telah direndam dalam larutan air garam dan air gula beberapa kali pencelupan.

Di daerah Jawa Barat tepatnya Purwakarta sudah sering kita jumpai manisan pala sudah dikemas dalam wadah toples atau bungkus plastik. Karena di daerah ini manisan pala sudah menjadi oleh-oleh khas daerah tersebut.

Buat kamu yang sedang jalan-jalan atau mampir ke Purwakarta bisa beli jajanan manisan pala sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Sementara bagi Anda yang sangat penasaran ingin mencoba membuat manisan pala, kali ini resep saya renyah akan mengulas tentang resep manisan pala kering Yang mudah.

Silakan lihat materi dan langkah-langkahnya cara membuat manisan pala kering dibawah ini.

Resep Pembuatan Manisan Pala Kering

Simak resep membuat manisan pala kering berikut ini:

Komposisi dan bahan:

  • 300 gram pala
  • Garam sebanyak 1 sendok makan
  • Air cukup bersih
  • Gula pasir sebanyak 500 gram
  • 1 sendok teh kapur sirih

Langkah Membuat Manisan Pala Kering:

  1. Kupas kulit pala lalu belah dan ambil dagingnya.
  2. Potongan daging pala tersebut kemudian diiris tipis-tipis tetapi tidak sampai putus di bagian ujungnya. Hasilnya akan terlihat seperti kipas atau sekuntum bunga.
  3. Tuang 1 liter air ke dalam wadah dan larutkan garam ke dalamnya sambil diaduk rata. Setelah itu masukkan irisan pala ke dalam larutan garam dan diamkan selama 1 hari. Angkat dan tiriskan dengan baik.
  4. Tuang kembali airnya dan larutkan kapur sirih ke dalamnya lalu rendam daging buah pala yang sudah direndam dalam larutan air garam terlebih dahulu. Tunggu selama 1 hari lalu angkat dan tiriskan dengan baik.
  5. Selanjutnya rebus 1 liter air yang telah dicampur gula pasir hingga menjadi kental kemudian angkat dan biarkan dingin.
  6. Sekali lagi, rendam buah pala dalam larutan air gula rebus dan diamkan selama 1 hari. Angkat dan tiriskan dengan baik.
  7. Sedangkan larutan air gula dimasak kembali hingga mengental untuk kemudian digunakan kembali pencelupan pala setelah dingin. Perendaman yang terakhir juga sampai 1 hari.
  8. Setelah pentas pencelupan Daging buah pala yang baru jadi kemudian dikeringkan di bawah terik matahari dengan alas tampah.
  9. Setelah kering, buah pala bisa dikeluarkan lalu ditaburi gula pasir dan disimpan dalam wadah botol atau dikemas.

Proses pencelupan dilakukan beberapa kali ini akan menghasilkan manisan pala yang cukup tahan lama.

Baca juga: Cara Membuat Keripik Nanas

Demikian ulasan mengenai resep membuat manisan pala kering yang enak dan mudah. Silakan coba buat manisan ini di rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *