cara-membuat-susu-kedelai
Resep Minuman

√ Cara Membuat Susu Kedelai Lezat yang Sehat dan Bergizi



Cara Membuat Susu Kedelai – Makanan sehat yang kita makan akan lebih sempurna jika diimbangi dengan minum susu. Susu adalah implementasi motto 4 sehat 5 sempurna.

Susu kaya akan mineral dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan tubuh terutama pertumbuhan tulang dan gigi. Susu yang biasa dikonsumsi adalah susu sapi dan susu kambing.

Cara Membuat Susu Kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai


Namun bagi anda yang alergi laktosa protein susu satwa, Anda tetap bisa merasakan manfaat susu dengan mengonsumsi susu yang terbuat dari protein sayur-mayur sebagai susu kedelai.

Susu kedelai memiliki rasa yang enak dan memiliki resiko alergi yang minimal. Bagi anda yang belum pernah membuatnya sendiri bisa mencoba resep susu kedelai yang mana akan Resepkuerenyah.com ulas kali ini.

Pilih kedelai dengan kualitas bagus agar hasil kedelai putih tidak keruh. Anda bisa membuat ampas kedelai menjadi campuran makanan seperti telur dadar atau nugget Tahu.

Silakan lihat materi dan langkah-langkahnya cara membuat susu kedelai yang sehat dan mudah di bawah ini.

cara membuat susu kedelai

Simak resep cara membuat susu kedelai berikut ini:

Bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gram kedelai, cuci bersih
  • Air bersih sebanyak 1,5 liter
  • 150 gram gula pasir
  • 3 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya dan sobek

Cara Membuat Susu Kedelai:

  1. Langkah pertama Anda harus mengolah kedelai terlebih dahulu. Siapkan wadah dan tambahkan kacang kedelai. Tuang air sampai kedelai benar-benar terendam.
  2. Rendam selama 1 malam, proses perendaman ini bertujuan untuk menghilangkan kulit ari yang menempel pada kedelai sekaligus membuka pori-pori kacang agar lebih lembut dan halus saat memasuki proses selanjutnya. jika sudah menguras kacang kedelai.
  3. Pakai alatnya penghancur semua sekaligus penghalus yaitu blender lalu tambahkan kedelai yang sudah direndam dan halus.
  4. Saring kedelai sehingga dipisahkan antara ampas dan sari kedelai.
  5. Masukkan jus kedelai ke dalam panci bersih dan rebus dengan api sedang.
  6. Tambahkan bahan seperti gula pasir, daun pandan dan daun jeruk. Aduk terus sampai susu kedelai matang dan mendidih lalu matikan ai.
  7. Saring kembali susu kedelai menggunakan filter yang lebih kecil dan susu kedelai segar siap disajikan hangat atau dingin.

Anda bisa menambahkan perasa pada susu kedelai, seperti perisa cokelat dengan bubuk kakao atau perasa stroberi dengan pasta stroberi.

Anda juga bisa mengganti gula dengan madu sebagai sumber rasa manis.

Baca juga: Cara Membuat Teh Talua

Demikian ulasan mengenai resep membuat susu kedelai yang sehat dan mudah. Cobalah untuk berkreasi dengan resep ini di rumah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *