Cara Membuat Kerupuk Jangek Sumbar
Resep Makanan

√ Resep Membuat Kerupuk Jangek Sumatera Barat yang Renyah dan Gurih



Resep Membuat Kerupuk Jangek – Sudah menjadi rahasia umum bahwa jika Anda menikmati makanan apa pun, Anda pasti akan merasa tidak lengkap jika tidak menambahkan kerupuk ke dalamnya. Ada banyak jenis kerupuk yang bisa melengkapi dan menemani santapan Anda, seperti kerupuk udang, kerupuk bawang atau kerupuk kacang tanah.

Resep Membuat Kerupuk Jangek

Cara membuat kerupuk jangek


Jenis kerupuk memang ada banyak dan salah satunya yang bisa Anda coba nikmati adalah kerupuk jangekKerupuk ini terbuat dari kulit sapi yang dipotong dan telah dijemur berhari-hari.

Membuat kulit sapi kerupuk jangek melibatkan bumbu yang sangat sederhana, hanya dengan taburan garam. Sebelum membuat kerupuk tentunya kulit sapi harus bersih dari sisa daging dan bulu yang masih menempel pada kulit sapi.

Cara membersihkannya adalah dengan merebus kulit sapi dan mengikisnya dengan pisau. Anda yang mungkin tertarik mencoba membuatnya kerupuk jangek atau kerupuk kulit sapi ini bisa coba ikuti cara pembuatannya seperti dibawah ini.

Cara Membuat Kerupuk Jangek Sumatera Barat

Berikut Cara Membuat Kerupuk Jangek Sumatera Barat

Bahan untuk membuat kerupuk Jangek

  • Kulit sapi secukupnya,
  • Garam secukupnya
  • Minyak secukupnya

Cara membuat jajanan kerupuk jangek khas Sumatera Barat

  1. Rendam kulit sapi beberapa saat agar kotoran terangkat.
  2. Kemudian kulit sapi yang telah direndam tersebut kemudian direbus untuk membersihkan bulu-bulu yang menempel pada kulit sapi tersebut. Angkat lalu kikis dengan pisau tajam secara perlahan hingga bersih dan tidak sobek.
  3. Setelah itu kulit sapi yang sudah bersih dari bulunya direbus kembali hingga matang. Mengangkat.
  4. Potong kulit sapi menjadi beberapa bagian sesuai selera, kemudian tambahkan taburan garam dan aduk rata lalu jemur sampai kering. Proses pengeringan ini bisa memakan waktu hingga satu minggu.
  5. Setelah potonga, kulit sapinya dikeringkan, kemudian digoreng hingga mengembang dan matang. Angkat dan tiriskan.

Baca juga: Cara Membuat Kerupuk Jariang

Demikian ulasan tentang cara membuat kerupuk jangek yang sangat mudah bagi Anda untuk berlatih. Disarankan agar kerupuk jangek yang sudah matang disimpan dalam wadah kedap udara agar tetap renyah. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *