resep-martabak-mesir
Resep Jajanan

√ Resep Membuat Martabak Khas Mesir Mudah dan Enak



Resep Membuat Martabak Mesir – Martabak yang kita kenal selama ini mungkin merupakan martabak yang manis, namun ternyata ada juga variasi martabak yang lain yaitu martabak asin.

Martabak asin yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah martabak mesir. Siapa sangka jajanan yang satu ini begitu enak dan pantas untuk dicoba. Dijamin sekali makan Anda pasti akan ketagihan.

Cara Membuat Martabak Mesir

Kali ini akan kami hadirkan. Resep martabak mesir yang terdiri dari 2 bagian yaitu kulit dan isinya. Martabak ini juga menggunakan bahan-bahan seperti telur dan daging cincang yang semakin kaya nutrisi.

Meski makanan ringan ini tergolong berat, namun dijamin semua anggota keluarga akan menyukainya. Lihat review dari Resepkuerenyah.com tentang resep ini. Jadi tunggu apalagi, langsung saja simak resepnya di bawah ini.

Resep Martabak Mesir


Simak resep cara membuat martabak khas mesir berikut ini:

Bahan yang dibutuhkan:

  • 2 butir telur ayam
  • 2 batang daun bawang, iris halus

Bahan untuk Kulit:

  • Tepung protein sedang sebanyak 300 gram
  • Minyak goreng sebanyak 300 ml
  • Garam secukupnya
  • 175 ml air matang

Bahan Isi:

  • Daging sapi sebanyak 300 gram, haluskan dan tumbuk
  • ½ bawang bombay, iris halus
  • 4 siung bawang putih, haluskan
  • Bumbu kari instan sebanyak 2 sdm
  • Bubuk merica secukupnya
  • Garam halus secukupnya

Cara Membuat Martabak Mesir :

  1. Langkah pertama kita buat dulu isinya. Siapkan wadah lalu tambahkan tepung terigu, minyak goreng, telur dan garam. Aduk hingga semua bahan merata.
  2. Tambahkan air ke adonan kering sedikit demi sedikit sambil diaduk. Pastikan adonannya keras dan kental. Ambil 2 wadah lalu bagi 2 adonan menjadi dua bagian yang sama besar.
  3. Bulatkan adonan lalu rendam dalam minyak goreng selama 2 jam. Usahakan agar semua adonan tetap terendam minyak.
  4. Jika adonan sudah dikeluarkan dari minyak dan letakkan di wadah bersih dan tutup dengan kain bersih atau serbet bersih, kemudian sisihkan.
  5. Untuk isian, siapkan wajan dan tuangkan sedikit minyak. Tumis bawang bombay dan bawang putih, hingga harum dan layu.
  6. Masukkan bahan lainnya yaitu kari, merica, daun bawang dan garam. Masak terus sampai daging matang sambil diaduk rata. Cicipi dengan baik sampai sesuai dengan lamanya waktu dan angkat dan dinginkan. Bagi adonan menjadi 2 bagian dan sisihkan. Aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling berkurang. Angkat dan bagi menjadi 2 bagian.
  7. Siapkan wajan datar dan masak campuran kulit sambil dioleskan dengan api kecil. Kami menyarankan Anda menggunakan panci penggulung agar adonan yang dihasilkan bisa tipis dan halus.
  8. Ambil mangkok, pecahkan 1 butir telur, daun bawang dan 1 bagian isi lalu aduk rata.
  9. Tuang isian ke bagian tengah kulit, lalu lipat kulit menjadi amplop. Masak sampai rata, balik-balik. Lakukan langkah 7 dan 8 pada adonan kulit dan isian lainnya, keluarkan dan martabak mesir siap dihidangkan.

Baca juga: Cara Membuat Martabak Telur Kerang Lumpia

Banyak orang Indonesia yang menyukai makanan pedas. Tak ada salahnya jika Anda menambahkan hidangan ini dengan potongan cabai rawit atau sambal cuka pedas manis saat menyantapnya Martabak Mesir ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *