Resep Membuat Jajanan Peuyeum Ala Bandung
Resep Makanan

√ Resep Membuat Peuyeum Khas Bandung yang Mudah Dinikmati



Resep Cara Membuat Peuyeum Khas Bandung Peuyeum adalah nama olahan ubi kayu yang dicampur ragi dan dibiarkan berhari-hari hingga menjadi empuk seperti pisang yang matang.

Cara-Membuat-Peuyeum-Bandung


Sebenarnya peuyeum tidak hanya terbuat dari singkong saja tetapi juga menggunakan ketan putih dan ketan hitam. Peuyeum yang terbuat dari beras ketan disebut juga beras ketan peuyeum.

Singkong buatan peuyeum akan berasa manis dan sedikit asam dengan tekstur yang lembut. Peuyeum ini bisa dimakan langsung atau juga dibuat ulang menjadi penganan lain seperti colenak.

Membuat Colenak yaitu dengan cara mencincang peuyeum kemudian memanggangnya hingga agak berkerak lalu dinikmati dengan kuah gula. Atau bisa juga menjadi pelengkap sajian layaknya pelengkap es doger, es campur atau pelengkap kolak.

Dalam pembuatan singkong menjadi peuyeum, dibutuhkan waktu kurang lebih tiga hari untuk menghasilkan peuyeum yang baik. Prosesnya dilakukan dengan menyisakan singkong yang dilapisi ragi untuk ditaruh dalam wadah berisi daun pisang.

Kemudian biarkan tertutup dengan udara hangat di dalamnya. Selama proses ini wadah yang digunakan dalam proses pembuatan peuyeum tidak boleh dibuka-tutup karena akan merusak hasil peuyeum nantinya. Anda dapat melihat lebih detail tentang cara membuat peuyeum di bawah ini.

Resep Membuat Jajanan Peuyeum Ala Bandung

Simak cara membuat peuyeum Bandung yang enak ini

Bahan Pembuatan Peuyeum

  • Singkong
  • Daun pisang
  • Ragi, haluskan
  • Cukup air

Cara Membuat Singkong Menjadi Peuyeum

  1. Singkong dikupas dan dikerok hingga bersih lalu dipotong atau dibiarkan memanjang. Setelah itu bilas singkong sampai bersih dan tiriskan.
  2. Rebus singkong hingga matang lalu angkat dan tiriskan.
  3. Simpan singkong rebus dalam ember dan biarkan dingin.
  4. Setelah singkong rebus dingin, taburkan ragi yang sudah dihaluskan hingga merata.
  5. Kemudian pindahkan singkong yang telah dicampur ragi ke dalam wadah yang telah dialasi daun pisang lalu tutup rapat dengan daun singkong dan penutupnya.
  6. Tunggu kurang lebih 3 hari hingga singkong terasa empuk dan menjadi peuyeum. Membawanya keluar.
  7. Peuyeum siap dinikmati.

Baca juga: Cara Membuat Awug Khas Bandung

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membuat camilan Peuyeum khas Bandung. Silahkan berkreasi dengan bahan singkong untuk dijadikan makanan enak lainnya, selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *