orang memegang pengasah pisau
Tips Masak

3 Harus Memiliki Pengasah Pisau


Tidak ada yang menurunkan moral seperti pisau tumpul. Saat pisau yang Anda gunakan sudah tidak tajam lagi, proses memasak akan sulit, lama, dan hasilnya tidak rapi. Biasanya pisau baru akan memberikan daya potong yang optimal. Namun, semakin sering pisau digunakan, akan semakin kusam. Bagi anda yang terbiasa mengolah makanan sendiri di rumah, jangan terburu-buru membeli pisau baru, Iya. Kali ini, ada tiga alat mengasah pisau yang bisa membuat kualitas pisau Anda kembali seperti baru.

Pisau yang berkualitas baik adalah pisau yang mengkilat, tajam, dan menghasilkan irisan yang rapi. Anda tidak perlu lagi menekan pisau untuk memotong. Selain itu pisau tajam juga membuat proses memasak lebih aman sehingga terhindar dari kulit terkelupas atau lecet saat memotong daging atau sayuran.

Berikut adalah alat yang akan membantu Anda!

1. Batu asah, alat klasik yang ampuh

mengasah pisau menggunakan batu asah pisau.
Murah dan mudah, batu asah merupakan solusi favorit pengguna pisau. (Foto: Shutterstock)

Salah satu cara paling mudah, murah dan praktis untuk mengasah pisau, batu asah adalah solusi untuk pisau tumpul Anda. Memang, hmmNamun, mengasah pisau dengan batu asah membutuhkan beberapa latihan dan trial and error terlebih dahulu. Namun begitu Anda menguasai teknik tersebut, mengasah pisau dijamin akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Cara menggunakan batu asah

Berikut langkah-langkah agar batu asah pisau dapat digunakan secara optimal:

  1. Ambil pisau tumpul Anda dari rak dapur. Siapkan batu asah yang satu sisi kasar dan sisi lainnya halus.
  2. Basahi batu dengan air untuk melumasi permukaan dan membantu proses penggilingan. Hindari penggunaan minyak pelumas karena dapat menutup pori-pori batu dan justru mengikis pisau Anda.
  3. Letakkan pisau pada sudut kira-kira 20 derajat, kemudian giling 10x pada setiap sisi batu asah.
  4. Pisau Anda tajam kembali dan siap digunakan.

2. Tongkat baja asah, alat favorit koki di restoran

seorang koki menajamkan pisau
Setelah diasah, pertajam pisau Anda dengan tongkat baja penajam untuk hasil yang rapi. (Foto: Shutterstock)

Selain menggunakan batu asah, mengasah batang baja dapat menjadi alternatif yang praktis dan efektif untuk mengasah pisau. Selain mengasah pisau, tongkat asah baja juga dapat menghaluskan bagian tepi pisau yang kasar setelah digosok dengan batu asah. Teknik ini sering digunakan karena kemampuannya untuk memperkuat pisau dapur juga. Cocok jika Anda sering memasak masakan berbahan dasar daging seperti daging panggang saus jamur, sup iga sapi, atau ayam panggang kecap.

Cara menggunakan tongkat pengasah baja

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Ambil pisau dapur yang diasah dengan menggunakan batu asah.
  2. Masukkan pegangan tongkat baja ke talenan atau meja dapur.
  3. Letakkan pisau pada sudut kira-kira 20 derajat, kemudian geser tongkat baja dari atas ke bawah dan sebaliknya.
  4. Ulangi 10 kali.
  5. Pisau Anda tajam kembali dan siap digunakan.

3. Peraut pisau otomatis, modern dan hemat energi

Peraut pisau otomatis
Hemat energi, asah pisau Anda dengan mudah menggunakan pengasah pisau otomatis. (Foto: Shutterstock)

Jika Anda memiliki anggaran terbatas dan ingin mengasah pisau secara praktis, investasikan dana tersebut untuk membeli pengasah pisau otomatis. Dengan menggunakan pengasah pisau otomatis, anda tidak perlu menghabiskan banyak tenaga untuk mengasah pisau karena mesin akan mengerjakannya untuk anda. Selain itu, pisau Anda juga bisa dihaluskan dan dibuat lebih berkilau.

Namun, perlu diperhatikan bahwa penajam pisau otomatis berisiko menggiling baja pisau Anda. Jadi pastikan untuk tidak terlalu sering menggunakannya jika tidak ingin pisau Anda menjadi tipis dan rapuh.

BaikBerikut beberapa cara mengasah pisau yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Anda tidak perlu lagi khawatir saat memasak masakan daging atau sayur, karena pisau Anda dalam kondisi prima untuk digunakan. Ayolah, gunakan pisau tajam Anda dengan memasak berbagai jenis masakan dari MakanBanyak. Baik itu masakan Indonesia atau internasional, MakanBanyak memiliki segalanya untuk Anda coba!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *