Sepiring sate dengan taburan bawang merah, makanan khas Jawa Tengah sehari-hari.
Tips Masak

3 Makanan Khas Jawa Tengah yang Bikin Kamu Kangen


Nama Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang tersebar di seluruh pelosok nusantara. Baik itu mie ongklok khas wonosobo, tahu bakso semarang, maupun ayam kalasan kebanggaan warga Sleman, berikut tiga contoh makanan legendaris jawa tengah yang sering diburu wisatawan. Bagaimana bisa? Rasanya yang unik dan harganya yang relatif murah membuat orang kangen untuk mencicipinya lagi.

Di era keterbatasan ini tentunya perjalanan tidak bisa sebebas sebelumnya. Susunan acara perjalanan-kamu ke Jawa Tengah juga harus di tunda. Untuk melepas rasa hilang, saatnya membawa makanan khas Jawa Tengah ke meja makan.

Baik itu untuk sarapan, makan malam, atau makan malam khusus akhir pekan, berikut adalah resep yang kami rekomendasikan untuk dicoba. Kita juga bisa mencoba masakan Jawa Tengah lainnya seperti Ayam kalasan, nasi bogana, demikian juga sate klathak yogyakarta.

1. Mie Ongklok Makanan Khas Jawa Tengah dari Wonosobo

Semangkuk mie Ongklok dengan sate.
Mie Ongklok Khas Wonosobo, resep tradisional yang patut dicoba. (Foto: Shutterstock)

Salah satu makanan khas Jawa Tengah yang enak tapi belum terlalu terkenal, mie ongklok bisa menjadi solusi menu sarapan keluarga di rumah. Kata “ongklok” sendiri berakar dari tradisi lokal, merujuk pada penggunaan bakmi bambu.

Dalam semangkuk mie Ongklok kita akan dimanjakan dengan perpaduan mie, tauge, dan kol yang disiram dengan kuah gurih dengan potongannya. fillet ayam.

Penasaran kan untuk mencicipinya? Berikut ini adalah Resep mie ongklok khas Wonosobo itu bisa dicoba!

2. Bakso tahu Semarang, wajib beli oleh-oleh

Hasil masakan resep tahu bakso tersebut dinikmati bersama sambal.
Nikmati tahu bakso buatan sendiri yang kenyal dan gurih! (Foto: MakanBanyak)

Memadukan tekstur dan rasa tahu dan bakso dalam satu suapan, tahu bakso Semarang dijamin bikin kita tambahin porsi kedua. Hidangan khas Semarang ini sering dijadikan sebagai teman saat mogok makan atau oleh-oleh saat berwisata ke kota Semarang.

Biasanya jenis tahu yang digunakan adalah tahu pong, tahu coklat, atau tahu sumedang. Kemudian isi dengan adonan bakso sapi yang sudah dibumbui. Sebelum makan, sajikan tahu bakso Semarang Saus Sambal Jawara Ekstra Panas yang membuat ketagihan.

Mau snack yang beda akhir pekan ini? Ayo coba resep tahu bakso semarang!

3. Sate kambing muda salah satu yang terkenal dari Tegal

Sepiring sate kambing muda yang dibumbui kecap gurih siap disantap bersama sambal.
Gampang sekali membuat sate kambing muda khas Tegal yang gurih dan empuk di rumah. (Foto: MakanBanyak)

Salah satu kuliner terkenal asal Tegal, Jawa Tengah, sate kambing muda sering diburu wisatawan karena dagingnya yang empuk, bumbu sate yang lumer di mulut, dan kecapnya yang legit. Kali ini, bagaimana kalau kita coba membuatnya sendiri di rumah?

Agar daging empuk sempurna, rendam daging kambing dalam parutan nanas muda, lalu diamkan selama 10-15 menit hingga kenyal. Setelah itu lapisi dengan bumbu sate yang telah dibumbui Kecap Manis Bango.

Cocok untuk hajatan, sate kambing yang kali ini paling enak disantap bersama. Agar lebih hidup, ayo sajikan resep ini untuk keluarga di rumah!

Daripada penasaran, yuk langsung coba makanan khas Jawa Tengah yang legendaris ini di dapur!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *