Masakan lobster thermidor disajikan.
Tips Masak

3 Masakan Khas Lobster dari Restoran Terkenal


Meski dikelilingi air, Indonesia tak banyak berhubungan dengan makhluk hidup krustasea yang ini. Tidak seperti kepiting atau udang, hidangan lobster tidak selalu ditemukan di berbagai restoran – termasuk restoran makanan laut. Mengapa? Lobster dikenal dengan dagingnya yang kaya, berair, dan enak, tapi harganya tidak murah – mengingat juga karena ukurannya yang relatif besar. Tapi tahukah Anda bahwa jenis masakannya begitu beragam?

Fenomena yang terjadi belakangan ini adalah munculnya restoran yang menjual “lobster”. Saat dicek ternyata lobsternya lebih kecil dan harganya lebih terjangkau. Sebenarnya, jenis ini lebih tepat disebut udang karang, udang karang, atau yabbies. Perbedaan utamanya adalah habitat dan ukurannya. Habitat lobster di laut dan berukuran besar, bersifat sementara udang karang berasal dari air tawar dan berukuran lebih kecil.

Baik menggunakan lobster atau udang karang, Perlu Anda ketahui hidangan lobster apa saja yang sudah terkenal di dunia selama ini. Siapa tahu kamu mungkin ingin membuatnya di rumah, ini dia beberapa di antaranya!

1. Lobster Roll, hidangan lobster yang semakin populer di Jakarta

Lobster roll disajikan dengan keripik kentang.
Lobster roll terlihat kasual tetapi sebenarnya cukup mahal dan jelas sangat enak. (Foto: Shutterstock)

Gulungan lobster sebenarnya adalah a sandwich. Menggunakan roti Hot Dog, lobster yang dimasak digunakan sebagai isian roti tetapi dingin. Meski banyak juga isian yang menggunakan lobster saat sudah hangat. Isian ini kemudian berisi bahan-bahan seperti mentega atau mayonaise, perasan lemon sebagai penyegar, garam, lada hitam, serta daun bawang dan seledri.

Biasanya lobster roll disajikan dengan kentang goreng dan masakan khas Amerika sangat populer di daerah asalnya yaitu beberapa negara bagian di timur laut yang disebut dengan New England hingga Canada. Rasa dan kombinasi bahan bisa berbeda-beda tergantung restoran mana yang menyajikannya.

2. Lobster Bisque, menu sop yang mewah

Lobster bisque disajikan dalam mangkuk.
Biasa ditemukan di menu restoran fine dining, lobster bisque merupakan sup krim dengan rasa yang sangat gurih. (Foto: Shutterstock)

Jika Anda tahu namanya sup kental atau sup krim dari berbagai bahan makanan laut, maka teman sejatinya adalah bisque. Perbedaannya adalah, bisque umumnya menggunakan hewan krustasea seperti udang, kepiting, hingga tentunya udang karang, langoustine, dan lobster.

Hidangan ini terkenal dengan rasanya yang sangat kaya dan gurih. Ini karena proses memasak yang lama dan benar-benar “memeras” semua rasa yang berasal dari lobster. Bahkan cangkang lobster digiling dan digunakan untuk memperkaya rasanya. Awalnya lobster ditumis terlebih dahulu kemudian dimasak lama dengan bumbu yang wangi kemudian disaring hingga halus dan ditambahkan krim.

3. Lobster Thermidor, hidangan klasik dan sangat berkelas

Salah satu hidangan seafood paling kompleks di dunia adalah lobster Thermidor asal Prancis. Awalnya, hidangan ini adalah daging lobster yang telah dimasak dan dimasukkan kembali ke dalam cangkang untuk kemudian dipanggang. Caranya cukup rumit yaitu dengan memotong lobster menjadi dua dan mengambil isi dagingnya. Potong dan sisihkan.

Sementara itu kami siapkan kaldu lobster yang dimasak bersama dengan aromatik untuk kemudian dipadukan dengan kuahnya saus becamel. Masak daging lobster dalam saus ini lalu isi kembali ke dalam cangkang. Panggang dan lobster Thermidor siap dihidangkan. Proses dan mahalnya harga lobster menjadikan sajian ini salah satu sajiannya makanan laut yang mahal.

Pernahkah Anda mencoba ketiga hidangan ini? Pastikan untuk mencobanya kapan-kapan atau berkreasi di rumah. Yang jelas, keberadaan lobster selalu dianggap istimewa, sehingga mengolahnya juga harus dengan perhatian ekstra dan disajikan untuk momen-momen spesial. Semoga berhasil!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *