4 Ide Pawai Lebaran untuk Meriahkan Hari Raya
Inspirasi Dapur

4 Ide Pawai Lebaran untuk Meriahkan Hari Raya


Mengisi waktu ngabuburit Anda di bulan puasa tidak ada yang lebih mengasyikkan dari membuat parsel lebaran di rumah. Begitu banyak kue yang bisa dibuat untuk dijual nanti, dikirim ke teman dan keluarga, atau disajikan saat liburan. Setiap rumah tangga di Indonesia seolah menunjukkan kemampuannya meracik makanan khas yang sudah menjadi tradisi sejak lama.

Tetapi kami tidak selalu harus membuatnya di rumah. Bisa jadi kita ingin membelinya dari teman atau bisnis yang bergerak di bidangnya. Bingung mau masak atau beli yang mana tahun ini? Baik, MakanBanyak telah mengumpulkan empat ide parsel Lebaran yang cocok dinikmati tahun ini. Dengarkan apapun, Ayo pergi!

1. Resep Keju Sagu Lebaran Lebaran yang Lumer di Mulut

Cara membuat keju sagu membutuhkan keahlian khusus, tapi jangan khawatir karena MakanBanyak punya resepnya. Pertama, proses pemanggangan sagu perlu dilakukan dengan benar. Nantinya ini akan menentukan kerenyahan kue sagu saat dimasak. Jika masih banyak kelembapan yang tersisa di sagu, kue tidak akan terlalu renyah atau lembek.

Jangan lupa gunakan api kecil saat memanggang, agar warna sagu tidak menguning. Khusus untuk resep ini kita panggang sagu dengan daun pandan agar aromanya lebih harum dan rasa yang lebih enak.

Simak resep sagu keju di sini!

2. Resep kue bawang keju, saya ingin terus menambahkan lebih banyak

Mangkok kecil berisi hasil resep kue keju bawang yang diikat dan diletakkan di atas meja kayu.
Sajikan kreasi resep cheese onion cake sebagai camilan harian atau untuk takjil saat buka puasa. (Foto: Shutterstock)

Resep kue bawang keju ini bisa menjadi ide snack untuk bersantai di rumah. Jajanan ini juga sudah tidak asing lagi dengan sebutannya stik keju atau kue bawang. Hanya saja yang tersedia di pasaran hadir dalam beberapa bentuk dan ukuran. Misalnya bentuk belah ketupat, tipis-panjang, dan tebal – sesuai cara memotong adonan.

Kali ini adonan dibuat dari Royco Kaldu Ayam dan juga keju cheddar parut. Kombinasi yang membuat rasanya enak dan mantap! Lain kali Anda juga bisa menggunakan keju edam jenis ini untuk rasa yang lebih orisinal. Proses pembuatannya mungkin cukup lama, namun Anda bisa menikmatinya sebagai camilan kering yang selalu tersedia dalam toples.

Gunakan penggiling mie atau pasta untuk mendapatkan hasil akhir yang tipis dan renyah tanpa harus menggulungnya berulang kali. Dengan alat ini Anda dapat menghemat lebih banyak waktu. Jika Anda tidak memiliki pembuat mie atau pasta, gunakanlah penggiling adonan. Sebelum menggulung, pastikan adonan sudah halus agar tidak pecah saat akan digulung. Setiap kali Anda menggiling, lapisi adonan dengan tepung agar adonan lebih lentur. Setelah terbentuk, tempatkan dalam wadah yang lebar dengan taburan tepung agar tidak saling menempel.

Berikut resep kue bawang keju yang mudah!

3. Resep kastengel tanpa pengaduk tidak kalah enak dan renyahnya

Hasil resep pembuatan kastengel diletakkan di atas piring.
Resep kastengel ini cocok dinikmati kapan saja, apalagi saat Hari Raya. (Foto: Shutterstock)

Ada yang unik dan berbeda dari resep kastengel ala MakanBanyak ini. Adonan kue peninggalan kolonial Belanda ini ditambahkan Royco Kaldu Ayam sehingga membuat hasil akhirnya lebih gurih. Tentunya hasil ini juga berkat kandungan keju edam di dalamnya yang juga memberikan sensasi rasa keju yang nikmat dan tekstur yang pecah-pecah di mulut.

Untuk resep ini, Anda tidak perlu bermodalkan mixer. Olesi loyang datar dengan mentega atau margarin agar biskuit mudah lepas dan tidak lengket. Salah satu rahasia kelezatan rasa kastengel adalah penggunaan keju edam parut. Keju ini memiliki tekstur yang agak keras (termasuk dalam grup keju semi keras) dan tidak basah atau lembek. Tekstur keju ini juga mempengaruhi tekstur akhir adonan sehingga lebih renyah.

Simak resep kastengel berikut ini!

4. Resep Teh Hijau Lidah Kucing, snack klasik dengan cita rasa baru

Kue pipih yang panjang ini memiliki rasa manis yang khas mentega dan gula bubuk. Banyak sumber menyebut cookie ini berasal dari Belanda. Di negara kincir angin, kue ini disebut katte tong. Apalagi pada resep yang satu ini, kami menambahkan teh hijau agar rasanya lebih istimewa. Warna hijau di lidah kucing teh hijau itu juga menjadi lebih menarik saat disajikan.

Bagaimana membuat? Yuk, langsung kita intip resep lidah kucing berikut ini!

Jadikan liburan tahun ini semakin meriah dengan hadirnya resep hampers lebaran tadi. Ajak keluarga Anda untuk membuatnya bersama di rumah atau kirimkan sebagai kejutan untuk keluarga tercinta. Semoga berhasil!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *