Sepiring batagor Bandung, makanan khas Bandung, disajikan bersama jeruk nipis, bumbu kacang, dan sambal.
Inspirasi Dapur

4 Makanan Khas Bandung Terlezat Untuk Buka Puasa


Banyak cara untuk menghibur diri dan keluarga dengan makanan khas daerah yang tidak bisa kita kunjungi langsung karena pandemi. Misalnya makanan khas Bandung, kota yang selalu bikin kamu kangen karena udaranya yang sejuk dan cocok untuk liburan.

Jangan sedih, karena di bulan Ramadhan ini, MakanBanyak punya sedikit kejutan buat kamu. Kumpulan makanan khas Bandung yang cocok banget buat buka puasa. Mau tau apapun? Coba lihat, bro!

1. Resep Batagor, Makanan Khas Bandung Favorit

Di masa pandemi, siapa bilang Anda tidak bisa membuat Batagor sendiri di rumah? Batagor Bandung tidak terlalu sulit untuk diproses. Siapkan kulit pangsit siap pakai agar bisa dimasak kapan saja. Selebihnya, siapkan isian daging olahan ikan tenggiri, goreng, tambahkan bumbu kacang dan kecap manis. Lengkapi takjil asyik berbuka puasa hari ini bersama keluarga di rumah.

Mau tau resepnya? Simak cara membuat Batagor Bandung berikut ini!

2. Resep Kupat Tahu, cocok untuk sahur atau buka puasa

Kupat Tahu merupakan jajanan khas Kota Kembang yang biasa disajikan saat sarapan pagi. Kupat Tahu memiliki kemiripan dengan ketoprak yang sangat populer di Jakarta. Meski sama-sama dibalut bumbu kacang, ada yang unik dari makanan khas Bandung yang satu ini. Adanya campuran kencur dan santan pada bumbu kacangnya sehingga memiliki aroma dan tekstur yang lebih tipis dari ketoprak. Selain itu ada tambahan berupa tahu goreng Bandung dan tauge serta kecap manis. Lezat!

Cek resep Kupat Tahu lengkapnya di sini!

3. Resep lontong kari sapi, beda dengan lontong sayur yang kita kenal

Makanan khas Bandung lainnya yang pas untuk sahur dan buka puasa. Hidangan ini berupa lontong yang disajikan dengan kari daging sapi dengan kari yang lebih encer dan ringan. Kehadiran potongan daging yang dilengkapi dengan telur rebus dan kerupuk mie, kerupuk biasa, dan kacang goreng membuat sajian ini semakin istimewa. Banyak tekstur yang diputar di menu ini. Betapa sulitnya melewatkan sarapan di luar Ramadhan!

Ini dia resep lontong kari sapi ala bandung!

4. Resep Soto Bandung, segar dan hangat

Berbeda dengan soto dari banyak daerah lain di Indonesia, Soto Bandung memiliki kuah bening dan menggunakan lobak. Selain itu, adanya daging sapi yang juga membuat soto ini semakin kenyang. Karena tidak menggunakan santan atau bumbu kuning, rasa soto bandung cenderung ringan dan menyegarkan. Kombinasikan dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng. Nyaman di perut saat menikmatinya untuk sahur atau buka puasa.

Coba resep Soto Bandung hari ini, yuk!

Bagaimana dengan resep ini? Bikin penasaran untuk disuguhkan saat sahur atau buka puasa bukan? Ayolah, Ngabuburit saat memasak hari ini!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *