Kari Bihun khas Medan tersaji di atas mangkuk putih, makanan khas medan.
Tips Masak

5 Hidangan Istimewa Medan untuk Makan Malam


Mengunjungi kota besar ini rasanya kurang jika bukan kuliner. Maklum, banyak banget makanan khas Medan yang bisa kamu coba. Sayangnya, sulit bagi banyak orang untuk bepergian di saat seperti ini, jadi salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memasak makanan khas kota ini di rumah.

Kali ini ada empat resep yang bisa kita coba dari Cook What Today. Penasaran dengan resepnya dan apa saja yang bisa kita buat untuk berbuka puasa? Dengarkan bersama, Ayo pergi!

1. Resep Soto Medan, kaya rasa dan kaya akan rempah-rempah

Semangkuk soto medan ditemani potongan lontong.
Soto Medan yang disajikan hangat di akhir pekan merupakan kenikmatan yang tiada tara. (Foto: Shutterstock)

Sebagai pencinta kuliner Indonesia khususnya soto, pernahkah Anda mencoba Soto Medan? Soto berbahan dasar daging ayam kampung dengan santan dengan bumbu yang sangat unik dan kaya rasa. Di kampung halamannya, soto ini merupakan sajian ikonik dan wajib dicoba bagi mereka yang berkunjung ke salah satu kota tersibuk di pulau Sumatera ini.

Rahasia kelezatan Soto Medan ini selain menggunakan ayam kampung, udang, dan rempah-rempah, berkat sentuhannya. Royco Kaldu Ayam di dalam kaldu. Karakter rasa soto ini juga sangat kental dengan ciri khas masakan daerah. Apalagi jika itu santan dan menggunakan bumbu yang membuat rasanya enak.

Ini resep Soto Medan!

2. Resep Kwetiau Goreng Medan, Rasa Padat Pulau Sumatera

Makanan jalanan di malam hari di Indonesia biasanya pertarungan antara nasi goreng, capcay, mie, atau kwetiau. Mana yang menjadi favoritmu? Kali ini ada bihun goreng khas Medan yang toppingnya lengkap, tapi tidak sulit membuatnya.

Yang menentukan keunikannya adalah penggunaan telur bebek dan bahan pelengkap lainnya yang membuat cita rasanya terasa autentik. Misalnya adanya kucai, minyak wijen, dan tentunya bakso ikan dan udang. Gunakan mie basah dan siapkan telur orak-arik menggunakan telur bebek. Selebihnya, tinggal tumis dengan cara yang kita kenal. Tambahkan semua bahan, tambahkan kucai dan tauge di saat terakhir. Sudah selesai, baik!

Simak resep bihun goreng khas Medan di sini!

3. Resep Medan Semur, aneka semur yang wajib kamu coba

Semur Medan disajikan dalam wajan di atas meja kayu.
Apakah Anda pernah mencoba Semur Medan? Yuk, langsung coba resepnya! (Foto: Shutterstock)

Hadirnya Semur Medan di meja makan rumah adalah ide cemerlang untuk akhir pekan ini. Pastikan keluarga tercinta menikmati resep semur daging istimewa ini. Dia berseru lagi, membuatnya jadi mudah juga.

Siapkan sengkel daging sapi terlebih dahulu dan goreng sebentar. Selanjutnya, tumis bawang merah dan tambahkan tomat parut. Setelah itu masukkan daging, cengkeh dan kayu manis. Sisanya, bumbui dengan Kecap Manis Bango, garam dan merica. Tuangi santan sedikit demi sedikit dan masak hingga daging benar-benar tertutup kuah dan matang.

Berikut resep semur Medan untuk dicoba!

4. Resep Bihun Curry, Makanan Medan Terpopuler

Konon berwisata ke Medan belum lengkap rasanya jika tidak menikmati yang namanya Kari Bihun. Inilah sajian tradisional yang bisa dibilang terdiri dari begitu banyak unsur yang bikin kaya rasa. BaikHal apa saja yang membuat Kari Bihun ini begitu menarik?

Selain menggunakan bihun dan daging ayam, ada berbagai macam bumbu yang membuat kuah dari sajian ini begitu nikmat. Ada yang menggunakan sarana seperti adas manis, kapulaga, kayu manis, dan cengkeh. Semua ini dipadukan dengan tumis bumbu halus dan daun aromatik. Kemudian kuah ini akan dipadukan dengan santan agar semuanya menjadi sempurna. Betapa harmonisnya!

Yuk, coba masak resep kari bihun ini!

Menyenangkan Baik berpetualang ke Medan? Banyak masakan yang berbeda dengan negara lain di Indonesia. Untuk makan siang, makan malam atau buka puasa serta sarapan dan sahur, kota ini memiliki semuanya. Semoga berhasil!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *