Setampah jajanan jadul Indonesia.
Tips Masak

5 Jajanan Lama yang Bikin Nostalgia


Ada banyak cara untuk mengenang masa kecil melalui kuliner yang nikmat. Jika dulu kita punya tempat jajanan favorit yang sekarang sudah tidak ada, maka sudah saatnya kamu membuatnya sendiri di rumah. Baik, apapun hmm Jajanan jadul favoritmu yang tak lekang oleh waktu?

Sederhana namun penuh kenangan, jajan jadul selalu jadi pilihan saat kamu ketinggalan mencolok. Apalagi jika Anda menyadari betapa murah dan mudahnya jajanan ini dulu. Saya merasa ingin membeli semuanya ketika saya bertemu penjual lagi di masa sekarang. Jadi, bagi kamu adalah seorang kekasih makanan IndonesiaAda 5 rekomendasi jajanan jadul yang dijamin bikin kangen. Daripada berlama-lama, Ayo pergi, langsung lihat resepnya!

1. Criseng manis pedas renyah, snack sore bikin ketagihan

Siapa yang tidak melewatkan renyahnya jajanan jadul ini? Sering ditemukan di trotoar pinggir jalan, kini Anda bisa membuat cireng renyah sendiri di rumah. Kali ini, saya juga menambahkan potongan wortel untuk menambah tekstur dan rasa. Jangan lupa topping Kuah pedas manis yang bikin cireng kamu makin spesial.

Simak resep cireng renyah pedas manis berikut ini!

2. Daging nabati arem-arem, selalu cocok dengan teh hangat

Populer di Jawa sebagai menu sarapan pagi, arem-arem merupakan jajanan jadul Indonesia yang terbuat dari nasi, santan, lalu diisi dengan daging dan sayur. Jajanan ini sering dijumpai saat arisan dan kumpul-kumpul lainnya. Biasanya arem-arem disajikan dengan secangkir teh atau kopi yang bikin makin nikmat.

Simak resep daging nabati arem-arem berikut ini!

3. Kacang hijau onde-onde, jajanan jadul yang penuh kenangan

Terkenal dengan bentuk bulatnya yang ditaburi biji wijen, kepopuleran siomay di Indonesia sudah menyebar dari Sabang hingga Merauke. Camilan ini istimewa karena isinya yang beragam, mulai dari coklat, keju, dan kacang hijau.

Kali ini saya akan memadukan kulit pangsit gurih dengan kacang hijau yang legit. Yuk, coba langsung resep siomay!

4. Combro dengan sambal oncom, kawan ngemil favorit bersama keluarga

Jajanan jadul kebanggaan masyarakat sunda combro bisa menjadi teman anda saat lapar di malam hari dan ingin jajan di rumah. Combro memiliki ciri tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam. Isinya pun bermacam-macam, cocok buat kamu yang suka mendalami aneka rasa jajanan.

Mau coba bikin jajanan Bandung yang satu ini? Lihat resepnya Combro dengan sambal oncom dan berlatih di dapur akhir pekan ini!

5. Piring ayam rica-rica, klasik dan abadi

Bertekstur padat, kenyal, dan diisi dengan suwiran ayam gurih, siapa yang tahan dengan pesona sajian yang satu ini? Bagi yang lahir di Jawa, Lemper mungkin sudah menjadi jajanan klasik yang dinikmati sejak kecil hingga dewasa.

Pada lemper versi saya kali ini, Anda akan dibuat kaget dengan rasa ayam rica-rica yang pedas, asin, dan gurih. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Cek resep Lemper sini!

Nah, berikut 5 resep jajan jadul yang tidak hanya enak dan mudah dibuat, tapi juga penuh kenangan masa lalu yang berkesan. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan resepnya Jajanan khas Indonesia lainnya MakanBanyak, Iya!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *