5 Makanan Idul Fitri Yang Lezat Selain Chicken Opor
Tips Masak

5 Makanan Idul Fitri Yang Lezat Selain Chicken Opor


Makanan lebaran selalu menjadi yang paling istimewa setiap tahun. Momen tersebut sangat dinantikan, begitu pula saat menikmati hidangan. Saat keluarga berkumpul setelah sholat Idul Fitri, rasanya tidak ada tandingannya. Sukacita menyambut bulan Syawal dan prestasi selama Ramadhan sungguh luar biasa. Hidangan khas Lebaran menjadi perekat di antara semuanya.

Tapi ada kalanya kita berpikir, apa hmm Hidangan enak apa lagi selain opor ayam yang juga patut disuguhkan? Jawabannya ada banyak! Ayolah, coba cek apa saja yang bisa dicoba tahun ini!

1. Resep Gulai Belacan Khas Riau, Sajian Unik dengan Rasa yang Mantap

Salah satu ciri khas kari khas Riau ini adalah rasanya yang lahir dari perpaduan bumbu halus, belacan (sebutan terasi untuk orang Melayu), asam jawa, dan santan. Perpaduan bahan-bahan tersebut menghasilkan cita rasa kari yang unik dan nikmat. Sebagai pengganti gula, gunakan Kecap Manis Bango yang sedikit manis, tidak mengandung pemanis buatan, dan penambah rasa.

Enak ditemani nasi hangat, sajian kelapa berbumbu ini juga cocok dengan ketupat atau lontong. Ide baru menu Ramadhan dan Idul Fitri, Baik? Agar sajian ini sempurna, pilih udang segar yang ditandai dengan dagingnya yang kenyal saat ditekan, kulit udang yang masih menempel sempurna, dan kepala yang masih menempel di badan. Selain itu, hindari memasak udang terlalu lama agar tekstur daging tidak keras.

Ini Resep Gulai Belacan Khas Riau!

2. Resep Nasi Mandi Kambing Cita Rasa Timur Tengah untuk Masakan Lebaran

Nasi Mandi siap dinikmati saat Idul Adha.
Sajikan nasi mandi kambing untuk Idul Adha. (Foto: MakanBanyak)

Nama mandi nasi mungkin belum terlalu familiar bagi kita yang belum mengenal masakan peranakan Timur Tengah di Indonesia. Begitu pula dengan nasi kebuli, nasi tomat, atau nasi kabsah. Semuanya adalah hidangan nasi yang dimasak dengan daging dan rempah-rempah.

Semua deretan beras hadir berkat pengaruh kedatangan para pedagang Arab di Indonesia di masa lalu. Di daerah asalnya, mereka sangat terbiasa memakan daging kambing dan mengolah daging kambing menjadi berbagai macam masakan. Salah satunya adalah nasi lemak yang diperkaya dengan bumbu dapur, rempah-rempah, dan dimasak dengan daging kambing.

Di Indonesia, daerah yang dekat dengan komunitas Arab-India pasti akan merasakan pengaruh citarasa kuliner Timur Tengah. Misalnya Aceh, Jawa Tengah (Solo, Pekalongan), Gorontalo, dan masih banyak lagi. Selain daging kambing, kehadiran bumbu dapur semakin terasa berkat warisan budaya Arab dan budaya India di masa lalu. Nasi Mandi versi MakanBanyak ini memudahkan Anda merasakan eksotisme bumbu Indonesia berbalut budaya kuliner Timur Tengah.

Mencoba, Ayo pergi, masak nasi mandi tahun ini!

3. Resep Gepuk Kambing Bumbu, menu baru untuk liburan

Gepuk Kambing merupakan sajian eksotis yang sayang untuk dilewatkan saat Idul Fitri atau Idul Adha tahun ini. Meski begitu, resep gepuk sendiri, atau empal sebagaimana sebagian orang di Indonesia menyebutnya, bukanlah resep baru. Penggunaan daging kambing dan kombinasi rasa gurih, manis, pedas dalam resep ini menjadikannya unik dan istimewa.

Pertama, rebus daging dengan berbagai bumbu seperti daun salam, lengkuas, serai, garam, gula, air asam, dan tentunya bumbu halus. Setelah matang, angkat daging dan gunakan pengocok daging untuk menggilingnya. Setelah menjadi datar, istilah gepuk atau empal mulai berlaku. Kembali memasak dengan bumbu sampai meresap.

Yuk, coba masak resep kambing gepuknya!

4. Resep Rendang Kentang Jamur, inspirasi menu liburan terkini

Seporsi besar rendang kentang jamur disajikan di atas meja batu.
Rendang kentang jamur bakal jadi idola baru saat Ramadhan dan Idul Fitri! (Foto: MakanBanyak)

Resep rendang menggunakan bahan nabati menjadi alternatif yang tidak hanya terjangkau dari segi harga, tetapi juga lebih sehat. Lihat saja trio bahan yang digunakan dalam resep ini – kentang, jamur, dan kacang merah. Ketiganya memiliki nilai gizi yang tinggi dan saling melengkapi. Penggunaan Chicken Broth Royco dengan formula baru juga kian marak highlight untuk resep ini. Dengan formula baru ini, kaldu diolah dari proses lama yaitu ayam rebus, bumbu yang kaya, dan garam beryodium.

Gunakan kentang kecil atau yang biasa disebut dengan rendang kentang. Bahan tambahan yang juga tidak kalah penting dari resep rendang kentang jamur ini adalah jamur tiram dan kacang merah rebus. Kesemuanya akan menghasilkan sajian yang kaya akan cita rasa. Campurkan bumbu dapur berupa cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang bombay, jahe, ketumbar dan merica. Tumis dengan bumbu seperti kapulaga, cengkeh, tuli, kunyit, daun jeruk, daun salam, daun kunyit, dan asam kandis. Semua bumbu tersebut dimasak dengan bahan utama santan hingga mengecil sehingga bumbunya mengering dan menjadi kental.

Cobalah baik Makanan Idul Fitri berupa resep rendang kentang jamur ini!

5. Resep Sayuran Godog, Makanan Idul Fitri Klasik

Sayuran godog selalu bisa diandalkan untuk masakan liburan. Sayur godog mengandung labu siam sebagai bahan utamanya dan juga disertai kacang panjang. Untuk kuahnya, ada perpaduan santan dan santan yang menyehatkan agar terasa seimbang. Tak ketinggalan berbagai bahan lain seperti lengkuas, daun salam, dan kaldu ayam royco yang turut memeriahkan cita rasa sayur godog kali ini. Perpaduan bumbu halus berupa bawang bombay, cabai, jahe, dan udang membuatnya semakin berkarakter. Sulit untuk menyangkal kehadirannya!

Simak resep sayur godog berikut ini!

Bagaimana? Apakah Anda siap menyambut liburan dengan makanan baru dan antusiasme? Semoga berhasil dengan variasi makanan Idul Fitri yang spesial ini, Iya!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *