Roti jala, makanan khas Aceh, di sajikan.
Inspirasi Dapur

5 Makanan Khas Aceh yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah


Dijuluki Negeri Serambi Makkah, Aceh memang identik dengan adat dan budayanya yang unik. Salah satu cerminannya bisa dilihat pada makanan khas Aceh yang menggugah selera dengan rasa pedas yang kuat. Saking populernya makanan khas Aceh, tak heran jika menu seperti mie Aceh, roti jala, dan martabak mini bisa ditemukan di luar daerah asalnya.

Bagi pecinta kuliner Indonesia, mencicipi makanan khas Aceh menjadi pilihan yang tepat. Apalagi jika hal ini dibarengi dengan mengunjungi lokasi bersejarah yang akan membuat pengalaman Anda semakin lengkap. Namun, pada waktunya Normal Baru Ini, tampaknya penjelajah kuliner harus puas bereksperimen di dapur dulu.

Bagi yang ingin menghadirkan cita rasa Aceh di rumah, Tim MakanBanyak telah menyeleksi 5 resep khas Aceh yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Baik itu untuk sahur, berbuka puasa, atau makan spesial saat Idul Fitri, kekayaan bumbu Serambi Makkah akan membuat rumah Anda semakin semarak!

1. Mie kambing goreng khas Aceh, sajian mewah ala resto

Mie Aceh disajikan dengan kecap manis.
Ini dia mie goreng favorit semua orang. Tidak ada yang bisa menolak resep dari Aceh ini! (Foto: MakanBanyak)

Nikmati mie Aceh yang kenyal dan pedas dipadukan dengan daging kambing berair sulit untuk ditolak. Apalagi jika ditambah dengan kuah gurih, acar mentimun yang segar, dan kripik pedas manis yang renyah di setiap suapannya.

Meski disebut begitu, makanan khas Aceh satu ini sebenarnya sudah tersebar di berbagai penjuru Indonesia. Hebatnya lagi, kini sajian mewah ini bisa kita sajikan sebagai menu buka puasa selama Ramadan. Dijamin bisa menggoyang lidah hingga gigitan terakhir!

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Cek resepnya Mie kambing goreng khas Aceh sini.

2. Ayam tangkap, kaya bumbu yang enak

Berbeda dengan resep ayam biasa, ayam tangkap menghadirkan variasi yang unik dengan proses memasaknya yang menantang dan berbagai jenis bumbu yang digunakan. Nama ayam tangkap sendiri berasal dari salah satu prosesnya yaitu melapisi ayam goreng dengan daun kari atau daun temurui. Karena sosoknya “terjebak” di balik daun, orang Aceh menyebutnya ayam tangkap.

Makanan khas Aceh ini memadukan berbagai bumbu asli nusantara, misalnya gula merah, daun jeruk, serai, dan cabai hijau. Agar lebih meresap, jangan lupa tambahkan bumbu ayam gorengnya yang enak. Sajikan ayam dengan nasi hangat dan nikmatilah bersama keluarga!

Simak resep ayam hasil tangkapan berikut ini!

3. Martabak bumbu Aceh mini, jajanan gurih saat lapar

resep martabak gurih mini yang praktis untuk dicoba dirumah
Martabak mini Aceh di atas talenan kayu. (Foto: MakanBanyak)

Lapar selama akhir pekan? Saatnya mencoba jajanan khas Aceh yang satu ini. Jika biasanya martabak hanya menggunakan telur, daun bawang, dan isian daging, makanan khas Aceh ini memadukannya dengan bumbu Bango untuk Bumbu Kuliner Nusantara, Mie Goreng Khas Aceh yang eksotis dan kaya akan rempah-rempah.

Agar lebih mengenyangkan, buat isiannya dengan mencampurkan daging giling, bawang bombay, dan jamur kancing. Bungkus isian dengan kulit pangsit tipis dan goreng hingga berwarna keemasan.

Ingin menyajikan martabak bumbu Aceh mini untuk santapan ini? Silakan cek resepnya sini!

4. Roti jala dengan kuah kari, makanan khas Aceh paling khas

Resep Roti Sup Kari
Pasangan sempurna yang membuat Anda lapar, roti jala dan kari ayam. (Foto: MakanBanyak)

Salah satu keunikan makanan khas Aceh terletak pada pengaruh Asia Selatannya yang kental. Warisan nyata dari kombinasi dua budaya ini tercermin dalam kari roti jala kuah yang unik dan sulit dilupakan. Biasanya kari roti jala kuah dinikmati sebagai sarapan atau makan siang sebagai pengganti nasi. Selain roti jala, lauk pauk yang terdiri dari kari ayam dan sayur akan disajikan. Kedengarannya enak, bukan?

Saat bulan Ramadhan, jangan heran jika roti kari jala banyak dijual di warung-warung makan. Kali ini, bagaimana kalau kita mencoba membuatnya sendiri di rumah untuk disantap bersama keluarga?

Lihat resep roti jala sini!

5. Mie Aceh, hidangan hangat

Saat udara semakin dingin, mengonsumsi suam-suam kuku adalah jawaban yang tepat. Salah satu menu yang bisa Anda coba adalah mie Aceh yang gurih, pedas, dan tentunya hangat. Tak heran dia menjadi favorit banyak orang.

Sajikan mie Aceh dengan isian sesuai selera, baik itu daging sapi, cumi-cumi, udang, ayam, atau telur. Jangan lupa taburkan acar bawang bombay, cabai rawit, dan kerupuk as topping. Mie Aceh siap dinikmati!

Tidak sabar untuk mencobanya? Cek resep mie aceh sini.

Kekayaan kuliner Indonesia tidak ada duanya, apalagi makanan khas Aceh yang memadukan berbagai bumbu dan citarasa nusantara. Yuk, sajikan hidangan lezat ini sebagai hidangan pembuka atau buka agar bulan Ramadhan semakin meriah. Jangan lupa untuk selalu mengikutinya MakanBanyak untuk resep Ramadhan lainnya, Iya!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *