Resep Vegetarian Lumpia Semarang - MAHI
Tips Masak

5 Makanan Khas Semarang untuk Obat Mudik


Rasanya belum hampir berakhir Ramadhan tahun ini. Sayangnya, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tampaknya tidak semua orang bisa menikmati serunya kembali ke kampung halaman. Padahal, salah satu hal yang paling dirindukan dari mudik adalah berkumpul bersama keluarga dan menikmati menu khas kampung halaman. Bagi yang lahir dan besar di Semarang tentunya sudah kangen dengan kelezatan makanan Semarang. tidak?

Semarang memang surganya wisata dan kuliner. Ibukota Jawa Tengah ini memiliki pesona kota wisata, terbukti dengan keberadaan Lawang Sewu, Kota Lama, hingga Klenteng Sam Poo Kong yang ikonik. Namun dibalik itu, kota yang sarat sejarah ini juga menjadi rumah bagi berbagai kuliner khas Semarang.

Mulai dari lumpia, bakso tahu, hingga soto legendaris Semarang, berikut 5 resep kurasi spesial dari Tim MakanBanyak buat kamu yang kangen mudik tahun ini!

1. Lumpia Semarang vegetarian, jajanan klasik dengan sentuhan unik

Sedang mencari inspirasi snack untuk berbuka puasa nanti? Lumpia Semarang, makanan vegetarian andalan Semarang, bisa jadi pilihan. Berbeda dengan lumpia biasa, resep kali ini tidak menggunakan daging, melainkan perpaduan wortel, rebung, dan labu siam yang nikmat.

Sajikan lumpia vegetarian Semarang di sore hari sambil bersantai nonton TV bersama keluarga. Dijamin bikin semua orang ketagihan mengambil porsi kedua!

Mendengarkan Resep lumpia vegetarian Semarang sini!

2. Bakso tahu, makanan khas Semarang yang ikonik

Hasil masakan resep tahu bakso tersebut dinikmati bersama sambal.
Nikmati tahu bakso buatan sendiri yang kenyal dan gurih! (Foto: MakanBanyak)

Siapa sih yang nggak kenal jajanan khas kota Semarang ini? Bakso tahu merupakan makanan khas Semarang yang popularitasnya sudah menyebar ke seluruh pulau jawa. Perpaduan antara kulit tahu yang renyah dan bakso berair menjadikannya takjil favorit di bulan puasa.

Mau masak tahu bakso semarang melepaskan kepulangan yang hilang? Simak resepnya di sini!

3. Nasi pindang semarang, rasa yang bikin kangen

Nasi pindang semarang disajikan dengan ragam makanan lainnya.
Nasi pindang Semarang, sajian nostalgia yang selalu digandrungi keluarga. (Foto: Shutterstock)

Salah satu makanan khas Semarang yang sering digandrungi wisatawan adalah nasi pindang semarang. Meski berasal dari Kudus, Jawa Tengah, hidangan ini dibawa dan kemudian dipopulerkan di Semarang. Sepiring nasi pindang Semarang terdiri dari nasi yang dinikmati dengan daging pindang, daun melinjo, kemudian dilengkapi bacem tempe, telur rebus, dan rempeyek kacang.

Tidak hanya enak dan mengenyangkan tentunya Nasi Pindang Semarang dapat membantu melepaskan perasaan rindu rumah. Ayo, coba di dapur sekarang!

4. Soto Semarang memang legendaris, sulit dilupakan

Semangkuk soto Semarang di tengahnya.
Soto Semarang subuh atau jika berbuka puasa? Cocok! (Foto: Shutterstock)

Soto merupakan sajian yang memiliki ciri khas tersendiri di setiap daerah pembuatannya. Begitu pula dengan Soto Semarang legendaris yang menjadi favorit keluarga untuk sarapan. Kasus lain dengan soto betawi Penuh dengan santan, Soto Semarang ini terbuat dari ayam kampung dengan kuah bening dan sedikit manis. Karena rasanya yang relatif segar, soto Semarang kerap dijadikan menu sahur juga. Agar lebih lengkap, sajikan dengan sate telur puyuh, sate usus, tahu goreng, atau gorengan lainnya.

Mau coba presentasikan soto semarang di rumah? Yuk, simak resepnya!

5. Udang gimbal, cocok untuk makan siang

Gimbal udang Semarang disajikan hangat.
Udang gimbal khas Semarang, cocok dijadikan menu sampingan atau snack. (Foto: MakanBanyak)

Menu santap siang favorit masyarakat, sajian khas Semarang ini siap menjadi lauk yang mengenyangkan. Sekilas terlihat seperti rambut gimbal udang bakwan atau rempeyek, namun perbedaannya terletak pada isiannya yang berisi udang. Tepung beras yang renyah berpadu dengan udang berair membuat gorengan ini sulit untuk dilupakan.

Menyajikan resep udang gimbal untuk lebaran nanti!

BaikItulah 5 resep masakan khas MakanBanyak khas Semarang yang bisa kamu coba. Cita rasa khas Semarang pasti akan memeriahkan momen Idul Fitri meski jauh dari kampung halaman. Jangan lupa untuk terus mengikuti MakanBanyak dan coba resep lain, Iya!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *