makanan khas surabaya berupa gado gado disajikan
Inspirasi Dapur

5 Makanan Khas Surabaya untuk Berbuka Puasa


Surabaya tidak hanya dikenal sebagai kota bisnis, Tapi juga karena kekayaan kulinernya. Begitu beragam sajian unik khas kota ini yang tersebar di berbagai pelosok kota. Tak hanya sebagai bagian dari keragaman kuliner Jawa Timur, kuliner khas Surabaya ternyata punya banyak cerita untuk dibagikan.

Dari kafe dan bistro, hingga restoran berbintang, hingga warung pinggir jalan yang tersembunyi di gang-gang sempit, kota ini memiliki puluhan makanan khas yang bisa kita arungi selama berkunjung ke sana. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika berwisata ke Surabaya tidak bisa dilakukan hanya dalam satu atau dua hari.

Jangan berkecil hati dulu karena Anda belum bisa pergi ke sana selama pandemi. Di bawah ini, kami telah mengumpulkan 5 resep MakanBanyak favorit khas Kota Pahlawan yang tidak hanya enak, tapi juga bisa kita coba sendiri di rumah sebagai menu camilan bersama keluarga!

1. Soto sulung, kelezatan unik khas Jawa Timur

Soto sulung disajikan dalam mangkuk putih.
Semangkuk soto khas Surabaya ini bakal bikin makan siang kamu makin ceria! (Foto: Shutterstock)

Ketika mendengar namanya untuk pertama kali, kita mungkin mengira bahwa penemunya adalah putra tertua atau anak pertama dalam keluarganya. Namun, itu tidak benar. Makanan khas Surabaya ini dinobatkan sebagai yang tertua karena pertama kali diperkenalkan di Jalan Sulung, Surabaya. Soto sulung menawarkan cita rasa yang kaya dengan berbagai campuran bumbu. Belum lagi isian daging sapi dan jeroan yang direbus hingga empuk.

Agar semakin nikmat, jangan lupa sajikan soto sulung dengan taburan bawang goreng, seledri, daun bawang, dan daun bawang. Kecap Manis Bango yang membuat kelezatannya sulit untuk dilupakan.

Mendengarkan resep sup tertua sini!

2. Sop Buntut ala Surabaya, cocok untuk buka puasa

Daftar sajian khas belum lengkap jika tidak ada sop buntut surabaya yang diisi dengan bahan khas. Perpaduan rasa kuah yang gurih serta kelembutan daging dan sayuran membuat makanan khas Surabaya ini cocok untuk berbuka puasa.

Namun karena sop buntut membutuhkan waktu pemasakan yang lama, pastikan kita sudah menyiapkan bahannya terlebih dahulu, Iya!

Penasaran ingin mencoba? Ayolah, memasak sop buntut surabaya!

3. Tahu telur tek, makanan klasik khas Surabaya

Tahu telur surabaya disajikan di atas piring dan lontong.
Penampilan tahu tek telur surabaya bisa dibuat sangat menarik! (Foto: MakanBanyak)

Siapa yang tidak kenal dengan makanan rumahan yang satu ini? Biasanya dijajakan di pedagang kaki lima, telur tahu bisa jadi solusi enak buat yang bingung menu buka puasa. Cara membuatnya gampang, tinggal campur lontong, kentang rebus, tauge, dan tahu, lalu tuangkan di atas bumbu kacang yang curam dan tutup dengan telur dadar. Telur tahu siap disajikan!

Ayolah, coba masak tahu tek telur!

4. Gado-gado, makanan favorit semua orang

Meski ada banyak versi Gado-Gado, Gado-Gado Surabaya memiliki keunikan dengan tambahan tomat dan wortel. Menu yang tergolong sehat ini merupakan salah satu makanan khas Surabaya yang kerap digandrungi para penggemarnya. Apalagi jika bukan karena bumbu kacangnya yang pedas manis dan sayuran yang renyah di setiap suapannya.

Gado-gado bisa menjadi sajian alternatif bagi kita yang ingin makan kenyang tanpa harus khawatir dengan jumlah kalorinya.

Cek resepnya gado-gado Surabaya!

5. Balap lontong khas surabaya yang enak bikin ketagihan

resep lontong khas surabaya
Sekarang kita bisa membuat makanan legendaris dari Surabaya ini di rumah (Foto: Shutterstock)

Berwisata ke kota Pahlawan belum lengkap rasanya jika belum mencicipi makanan khas Surabaya yang satu ini. Lontong Balap adalah salah satu hidangan paling terkenal di Surabaya. Biasanya satu porsi lontong balap berisi lontong, tahu, tauge, lentho, dan daging sapi, lalu disiram dengan kuah yang gurih. Supaya makin mantap, jangan lupa sajikan lontong dengan kerupuk dan sambal bajak ya!

Lihat resepnya Balap lontong khas Surabaya.

BaikItulah 5 resep makanan khas Surabaya yang bisa kita coba untuk ngabuburit sore ini. Cita rasa khas Jawa Timur tentunya akan memeriahkan momen buka puasa bersama keluarga. Jangan lupa untuk terus mengikuti MakanBanyak dan coba resep lain, Iya!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *