Nasi gudeg makanan khas Yogyakarta siap disantap.
Inspirasi Dapur

5 Makanan Khas Yogyakarta yang Bikin Kamu Kangen


Daerah Istimewa Yogyakarta bisa dibilang salah satu permata Indonesia. Banyak wisatawan domestik dan internasional menjadikannya tempat wisata favorit, tak lain karena panorama alam yang memukau, keistimewaan khas Yogyakarta, dan kekayaan budaya yang tiada habisnya.

Makanan khas Yogyakarta sendiri menyimpan sejuta kenangan bagi mereka yang lahir atau pernah singgah di pelosok kota. Bagaimana bisa? Masakan Yogyakarta yang selalu khas karena rasanya yang lengket, membuat pencicip kangen dan ingin segera kembali kesana. Apalagi, masakan khas Yogyakarta banyak yang sudah melegenda dan masih diminati meski sudah dihidangkan puluhan tahun.

Buat kamu yang kangen dengan Kota Pelajar, saatnya meriahkan suasana rumah dengan menyajikannya akhir pekan ini. Penasaran dengan resepnya? Ayolah, kami melihat opsinya!

1. Mangut ikan spesial, rasa pedas yang bikin ketagihan

Hasil resep mangut ikan disajikan di atas piring.
Resep Ikan Mangut, salah satu resep tradisional legendaris (Foto: MakanBanyak)

Mangut ikan spesial bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin menyajikan menu makanan laut di atas meja makan. Cocok untuk penggemar pedas, resep ini menggunakan makarel sebagai pengganti lele. Pastikan ikan kembung yang Anda pilih tebal dan berdaging agar hasil akhirnya semakin padat.

Sudah tidak sabar untuk mencicipi mangut ikan spesialnya? Ayolah, periksa resepnya linglung pengikut!

2. Cakar mercon, snack unik untuk makan keluarga

Penggemar jajanan Nusantara pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Yogyakarta yang satu ini. Cakar petasan adalah hidangan hit yang sering ditemukan di toko-toko dan restoran. Rasanya yang pedas ‘meledak’ membuat penonton semakin ketagihan.

Ingin menyajikan cakar petasan untuk camilan akhir pekan? Lihat resepnya cakar petasan!

3. Mie lethek, sajian yang tak lekang oleh waktu

mie lethek goreng di atas piring putih
Resep mie lethek yang praktis untuk dicoba di rumah. (Foto: Shutterstock)

Menjadi kebanggaan warga Bantul Yogyakarta, mie lethek merupakan makanan khas Yogyakarta yang dikonsumsi sejak tahun 1940-an. Lethek sendiri memiliki arti kotor atau najis, mengacu pada mie lethek yang berwarna kecoklatan beserta isinya yang bermacam-macam, mulai dari mie, daging, sayur mayur, dan telur. Mie lethek paling baik dikonsumsi saat cuaca dingin dan ingin makan hangat.

Daripada berlama-lama, lihat saja resep mie lethek untuk acara spesial minggu ini!

4. Sate klathak, makanan khas Yogyakarta yang unik

Seporsi Sate Klatak Jogja disajikan dengan kuah kari.
Sate klathak Jogja yang enak dengan daging kambing muda. (Foto: Shutterstock)

Siapa yang tidak kenal sate ikonik ini? Sate klathak terbuat dari daging kambing muda yang dibumbui bawang merah, bawang putih, jahe, dan Kecap Manis Bango, lalu disiram dengan kuah kari hangat yang mantap. Keunikan dari sate klathak terletak pada tusuknya yang menggunakan roda sepeda sebagai pengganti bambu. Pemilihan stik ini bertujuan agar sate klathak matang secara merata.

Penasaran ingin bereksperimen di dapur dengan resep sate klathak? Lihat resepnya sate klathak sini!

5. Telur gudeg areh, kuliner legendaris yang wajib dicoba

Ke Yogyakarta rasanya tidak ada tanpa mencicipi kuliner legendarisnya: gudeg. Kali ini saya akan memperkenalkan variasi gudeg yang tidak kalah terkenalnya yaitu telur gudeg areh. Makanan khas Yogyakarta ini terdiri dari nangka dan telur ayam yang dibumbui dengan berbagai bumbu hingga terserap sempurna. Saat penyajian jangan lupa menuangkan kuah areh yang terbuat dari kaldu ayam dan santan kental. Nikmati!

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Cek resepnya telur hangat sini, Iya!

Lima resep masakan khas Yogyakarta di atas membuktikan betapa bervariasinya kuliner khas Kota Pelajar. Baik asin, pedas, atau manis, Yogyakarta punya segalanya. Kali ini saatnya Anda berkreasi dengan resep-resep di atas.

Tidak sabar untuk mencobanya? Ayolah, ayo pergi ke dapur sekarang juga!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *