Resep Rendang Kentang Jamur - MAHI
Tips Masak

8 Ide Menu Buka Puasa yang Sehat dan Lezat


Gendang maghrib itulah yang ditunggu-tunggu setelah berpuasa seharian. Tapi, jangan asal makan saja, kita perlu mendesain menu buka puasa agar tidak hanya mengisi perut tapi juga menyehatkan tubuh.

Selama berpuasa kita membutuhkan cadangan energi yang didapat dari makanan, baik saat puasa maupun sahur. Untuk itulah, kali ini Tim MakanBanyak membagikan ide menu buka puasa yang enak dan sehat, mulai dari menu appetizer hingga big meal. Ayolah, intip resepnya satu per satu!

1. Yogurt jus mangga, hidangan pembuka segar

Buka puasa memang enak, dimulai dari yang manis dan segar. Jangan hanya memilih minuman manis, Iya. Sertakan buah-buahan kaya serat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Salah satu menu yang bisa kita coba adalah yogurt jus mangga.

Menurut US Department of Agriculture (USDA) dalam 100 gram mangga terdapat 342 kkal. Makan buah-buahan ini saat berbuka puasa dapat memulihkan energi Anda. Mengolahnya menjadi jus, dicampur dengan berry dan yogurt, tentunya akan semakin istimewa. Simak resep yogurt jus mangga yang sudah kami bagikan sebelumnya, Iya!

2. Chicken stew, menu buka puasa favoritmu

Masuk ke menu big meal, lauk apa yang jadi favorit kamu untuk berbuka puasa? Salah satu menu praktis dan enak yang bisa Anda coba adalah semur ayam. Proses pembuatannya tidak memakan waktu satu jam.

Daging ayam juga mengandung protein dan energi yang bisa menjadi andalan Anda untuk kembali segar setelah berpuasa seharian. Agar lebih sehat, pilih dada ayam tanpa kulit, Iya! Intip resep sup ayamnya dan sajikan hangat-hangat.

3. Ikan mujair bakar, pilihan yang menggugah selera

Ikan mujair bakar dengan taburan sambal dabu-dabu.
Ikan mujair bakar dengan tambahan sambal dabu-dabu? Ini semakin enak! (Foto: Shutterstock)

Selain ayam, kita juga bisa memilih ikan segar dan salah satunya adalah ikan nila. Ikan yang banyak ditemukan di pasar tradisional ini bisa digoreng atau dibakar. Jika Anda bingung bagaimana cara mengolahnya, simak saja resep ikan nila bakar ini.

Untuk menghindari bau lumpur pada ikan segar, kita harus membersihkannya secara maksimal. Jangan biarkan insang atau jeroan tertinggal karena dapat meninggalkan bau yang tidak sedap. Gunakan jus lemon atau jeruk nipis saat membersihkannya.

4. Tumis sawi, menu pelengkap andalan

Tidak lengkap rasanya jika membicarakan menu buka puasa tanpa hidangan sayur. Saat berpuasa, kita membutuhkan asupan serat yang cukup untuk melancarkan pencernaan. Ada banyak olahan sayuran yang bisa kita buat, dari sayuran bening, sop, hingga tumis.

Jika Anda lebih suka tumis, kami merekomendasikan tumis udang mustard yang praktis ini. Sayuran sawi cenderung lebih mudah dimasak. Agar rasanya tidak hambar, tambahkan udang yang sudah dikupas. Hidangan berbuka puasa bahkan lebih istimewa.

5. Sayur daun kelor, hidangan sehat

Meski sudah lama dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, namun popularitas daun kelor akhir-akhir ini sedang booming. Alasannya tak lain karena kandungan nutrisinya. Daun kelor sering juga disebut sebagai makanan super! Di dalamnya terkandung vitamin C, kalium, kalsium dan protein yang cocok menjadi “modal” kita untuk berpuasa.

Ada banyak cara untuk membudidayakan daun kelor. Salah satu menu yang paling mudah adalah resep sayur daun kelor. Proses pembuatannya hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Jangan lupa untuk menyajikannya selagi hangat, Iya.

6. Rendang kentang jamur, mewah dan kaya nutrisi

Ingin hidangan baru untuk menu Ramadhan tahun ini? Resep rendang kentang jamur ini bisa menjadi salah satu ide sekaligus titik awal bagi anda yang tertarik menambah kemampuan memasak menu dapur khas minang. Cocok sebagai santapan sehari-hari, sajian ini juga sangat cocok untuk berbuka puasa atau salah satu sajian di hari raya Idul Fitri.

Resep rendang menggunakan bahan nabati menjadi alternatif yang tidak hanya terjangkau dari segi harga, tetapi juga lebih sehat. Lihat saja trio bahan yang digunakan dalam resep ini – kentang, jamur, dan kacang merah. Ketiganya memiliki nilai gizi yang tinggi dan saling melengkapi. Menggunakan Royco Kaldu Ayam dengan formula baru juga menjadi highlight untuk resep ini. Dengan formula baru ini, kaldu diolah dari proses lama yaitu ayam rebus, bumbu yang kaya, dan garam beryodium.

7. Dim sum ayam, takjil gurih paling favorit

Sudah ketemu resep ayam dim sum yang enak seperti di restoran? Coba ayam dim sum dengan Sambal jawara Hal inilah yang akan membuat Anda ketagihan untuk membuat dim sum sendiri di rumah. Dengan bahan bakunya yang mudah didapat, Anda juga bisa menyajikan dim sum ayam atau siomay ayam di dapur Anda sendiri.

Sebagai bahan utama, gunakan daging ayam dan tepung dalam jumlah besar hanya sebagai bahan tambahan agar teksturnya sedikit kenyal sambil menyatukan adonan. Untuk membuatnya gurih, gunakan daging giling yang berasal dari fillet paha ayam. Bagian ini lebih banyak mengandung lemak sehingga lebih gurih, lembab, dan sedikit lebih kenyal. Kukus hingga matang dan hindari mengukus terlalu lama agar daging ayam dalam dim sum tidak terasa ‘kering’. Jangan lupa gunakan skin dim sum yang tipis atau skin pangsit khusus untuk siomay rebus.

8. Tahu telur goreng krenyes, inovasi resep legendaris

Lalu ada juga resep tahu telur goreng Krenyes yang enak! Berbeda dengan variasi asli yang disajikan dengan saus kacang, resep yang dimodifikasi ini disajikan dengan saus kacang topping tepung krenyes Soto kecap pedas yang juga manis, dan segar. Membuat ingin, Baik?

Menu ini bisa menjadi salah satu sajian andalan Anda untuk ide light dinner tanpa nasi atau daging. Telur tahu juga bisa disajikan sebagai menu sarapan yang mengenyangkan atau jika Anda lapar sebelum makan malam. Dengan bahan yang sangat sederhana dan kebanyakan merupakan bahan yang selalu tersedia di dapur membuat resep ini bisa dibuat kapan saja.

Inilah delapan menu buka puasa yang bisa dipilih untuk Ramadhan tahun ini. AyolahIntip juga menu sahur dan menu buka puasa hemat lainnya yang tak kalah menggoda.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *