Bobobox Blog
Kuliner

Berani Tahan? Yuk, Coba 5 Makanan Khas Tionghoa Pedas Ini!


Telinga memekakkan telinga, kepala pusing, lidah hampir mati rasa, tapi terus mengunyah. Pakaiannya basah oleh keringat, hidung meler, dan air mata sudah membanjiri. Namun, hidangan yang tersisa masih menggugah selera dan sayang jika Anda tidak menghabiskannya. Ya, kita semua tahu suka duka menikmati hidangan pedas. Sudah tahu siksaan, tapi tetap dilakukan. Sakit perut dan diare memang dialami, tapi itu tidak membuat Anda menyerah untuk mencoba lagi. Aduh! Namanya sambal!

Makanan pedas memang punya pesonamiliknya sendiri. Beberapa orang tidak menyukai makanan yang menyiksa lidah. Namun, tidak sedikit orang yang benar-benar terlahir dengan kekuatan lidah dan mulut yang hebat. Saus sambal botolan? Ah, dangkal! Cayenne dan digoreng? Kecil! Namun, apapun yang berlebihan itu buruk, termasuk makan makanan pedas. Melaporkan dari Orang dalamMakan terlalu banyak makanan pedas bisa memicu nyeri dada. Padahal, konsumsi makanan pedas yang berlebihan bisa memicu timbulnya jerawat dan insomnia! Aduh!


makanan pedas khas cina
Sumber: Restoran New York

Namun, hidangan pedas tersebut ternyata memiliki manfaat, lho! Melaporkan dari Piedmont, konsumsi makanan pedas membantu menurunkan berat badan. Wow! Ini cocok untuk kamu yang sedang diet. Selain itu, capsaicin.dll pada cabai dapat melindungi sel tubuh dari molekul berbahaya dan radikal bebas. Sering stres? Jangan khawatir! Makanan pedas mendorong produksi endorfin, yang dapat menurunkan risiko stres dan depresi. Meski begitu, kamu tetap tidak bisa makan makanan pedas berlebihan, ya!


BACA JUGA: Insomnia? Berikut 5 cara tidur nyenyak efektif bagi penderita insomnia dan Stres Dengan Pekerjaan? Bob Memiliki 5 Tips Liburan Sempurna Untuk Menghilangkan Stres

Buat kamu yang ingin mencoba tantangan lidah, Bob punya beberapa rekomendasi makanan pedas. Nah, untuk menyambut Tahun Baru Imlek, Bob akan memberikan 5 pilihan makanan Chinese Spicy Food. Siapkan tisu dan obat maag karena makanan ini saking sadisnya sehingga tidak main-main! Makanan Cina pedas seperti apa yang dipilih Bob? Langsung lihat nomor satu, ya!

1. Chongqing Makanan daging dan sayur

Porsi makanan daging dan sayur bukan menu asing di China. Namun, makanan daging dan sayur a la Chongqing adalah salah satu makanan pedas paling terkenal di Tiongkok. Berdasarkan iChongqing.info, sajian ini sudah ada sejak abad ke-19. Di musim dingin, penjaga kapal dan kuli angkut akan mengambil sisa daging. Dagingnya direbus dengan saus cabai dan lada Sichuan. Setelah matang, celupkan daging ke dalam minyak wijen sebelum dimakan.

makanan pedas khas cina
Sumber: Duta Hotpot

Bahan hotpot Chongqing masih bisa kamu dapatkan sehingga bisa dibuat sendiri di rumah. Melaporkan dari MediumAnda bisa menggunakan babat, usus bebek, daging sapi, dan ginjal babi. Untuk supnya, cabai dan lada Sichuan adalah bahan utamanya. Supaya lebih pedas, sebelum disantap, daging rebusnya dicelupkan dulu ke dalam minyak cabai. Jumlah cabai yang ditambahkan ke sepanci besar kaldu membuat merinding! Ngomong-ngomong, makanan Cina pedas ini tidak boleh kamu remehkan.


BACA JUGA: Yuk Coba Resep Daging BBQ Mudah ini dari Restoran Mewah!

2. Dan Dan Mian

Makanan Cina pedas ini tidak kalah menyiksa! Melaporkan dari Buku Masakan Omnivora, dan dan mian (atau mie dan dan) adalah makanan khas Sichuan yang dianggap sebagai camilan. Hidangan ini juga satu makanan jalanan Sichuan itu yang paling terkenal lho. Buat kamu yang sedang berencana liburan ke Sichuan, China, jangan sampai melewatkan sajian yang satu ini! Jangan lupa bawa bekal air minum ya!

makanan pedas khas cina
Sumber: Makanan52

Sesuai dengan namanya, bahan utamanya dan dan mian adalah mie. Nah mie yang sudah direbus tersebut kemudian ditambah dengan sambal atau sambal panas. Saus ini terbuat dari campuran pasta wijen dan minyak cabai. Sebagai pelengkap, dan dan mian atasnya dengan kacang renyah dan daging babi. Eits! Kamu bisa mengganti babi dengan ayam atau sapi, kok! Jadi, jangan khawatir, oke! Agar terlihat lebih menggoda, masakan Cina pedas ini memiliki daun bawang di atasnya. Hmm! Bob ngiler, ini!


BACA JUGA: 5 Topping Mie Instan Mewah yang Bisa Kamu Coba


3. Kou Shui Ji

Hidangan ini memiliki nama yang unik dan mungkin mengejutkan. Jika diterjemahkan, kou shui ji artinya air liur ayam. Namun tenang saja karena makanan pedas khas China ini tidak dibuat dari air liur asli, kok! Melaporkan dari Bumbu Rumah Merah, kou shui ji adalah salah satu makanan khas Sichuan yang terkenal. Warna kuahnya yang merah cerah sangat cocok untuk melengkapi kemeriahan Imlek pada 12 Februari. Makin merah, makin meriah!

makanan pedas khas cina
Sumber: Resep Souped Up

Melaporkan dari Wajan Kehidupan, kou shui ji terbuat dari daging ayam rebus dengan daun bawang dan jahe. Untuk sausnya, Anda harus memasak daun bawang, jahe, bawang putih, adas bintang, kayu manis, dan lada Sichuan terlebih dahulu. Saring bumbu dan tuangkan minyak ke dalam mangkuk berisi kacang cincang, biji wijen panggang, dan cabai kering. Setelah itu, campurkan campuran minyak panas dengan cuka arak beras, pasta wijen, dan kaldu ayam. Tuang saja saus sesuai keinginan dan voila! Kou shui ji siap untuk dimakan!

4. Tahu Mapo

Kalau ketemu namanya, jangan salah tebak ya. Mapo disini bukanlah area Mapo di Seoul, Korea Selatan. Tahu atau Mapo Mapo Doufu adalah hidangan khas Sichuan yang sudah ada sejak 1862 Cicipi Makanan Asia. Sesuai dengan namanya, tahu merupakan bahan utama dari makanan pedas khas Cina ini. Hidangan ini dibuat oleh pemilik restoran di kota Chengdu. Pemilik ini memiliki bekas jerawat di wajahnya, dan bekas jerawat ini disebut dalam bahasa Mandarin mapo. Terakhir, masakan tahu miliknya disebut Tahu Mapo.

makanan pedas khas cina
Sumber: I Am A Food Blog

Makanan pedas khas Cina ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Siapkan tahu sebagai bahan dasar. Untuk bumbu perendam, siapkan meragukan, minyak cabai, dan lada Sichuan. Oh ya! Doubanjiang Anda dapat membeli dari pasar Indonesia ya. Jadi, jangan khawatir! Sebagai pelengkap, siapkan potongan daging sapi. Masak daging dengan bumbu di atasnya, tambahkan kaldu ayam, lalu tambahkan tahu. Baik! Pastikan Anda tidak mengaduk bahan terlalu banyak agar tahu tidak hancur. Yum! Hidangan Tahu Mapo Pedas sudah Siap Disantap!

5. Duo Jiao Yu

Bagi penggemar masakan ikan, masakan Cina pedas ini patut dicoba. Berasal dari Hunan, duo jiao yu adalah hidangan ikan kukus, dilansir dari Wajan Kehidupan. Namun daging yang digunakan adalah bagian atas ikan. Bahkan terkadang hanya kepala ikan yang digunakan. Sesuai dengan namanya, sajian ini menggunakan duo jiao atau cabai asin. Hidangan ini, menurutnya Panduan Perjalanan Cina, konon sudah ada sejak jaman Dinasti Qing.

makanan pedas khas cina
Sumber: Cara Tiongkok

Sebelum dikukus, lapisi daging ikan duo jiao pertama. Ikan juga bisa direndam dengan kaldu ayam, arak beras, jahe, dan garam. Bagi Anda yang ingin mencoba memasak sendiri, tetapi tidak memilikinya duo jiao, Anda bisa membuat bumbu cadangan. Cukup masak cabai cincang dan bawang putih. Tambahkan lima bumbu atau bumbu ngo hiong setelah itu. Setelah itu, tuangkan cabai dan bawang putih ke atas ikan, lalu kukus. Seporsi ikan kukus pedas siap disantap. Haochi!

Itulah 5 makanan pedas khas China yang direkomendasikan Bob. Meski tega makan makanan pedas, tapi jangan sampai makan berlebihan ya! Pertahankan pola makan yang baik, terutama di musim ini. Apalagi Tahun Baru Imlek sudah di depan mata. Tubuh Anda harus fit sebelum liburan. Jadi, Anda juga bisa menyiapkan lima makanan pedas khas China yang bisa Anda siapkan untuk hajatan tersebut sincia. Disantap bersama keluarga dan kerabat, tentunya akan menyenangkan! Gong xi, gong xi!

Dimana Tahun Baru Imlek?

Nah, buat kamu yang ingin menghabiskan liburan di luar rumah, coba deh staycation di Bobobox hanya! Anda bisa menonton drama Taiwan, mendengarkan lagu, membaca buku, atau sekedar bersenang-senang di dalamnya polong. Setiap polong juga dilengkapi teknologi terintegrasi dengan aplikasi seluler. Terjamin staycation Anda akan menjadi anti-taruhan! Plus, setiap polong memiliki tempat tidur yang besar dan nyaman, dan desain interior yang sangat keren!

Bobobox menghadirkan fasilitas seperti sepen, kamar mandi bersama, mesin penjual otomatis, musala, dan ruang komunal. Polong dan area umum juga dijaga kebersihannya agar liburan Anda tetap aman. Nah, sebelum pergi liburan, kamu wajib unduh lalu Aplikasi Bobobox ke ponsel Anda. Melalui aplikasi gratis ini, Anda bisa melakukan reservasi secara langsung dan mendapatkan notifikasi promo menarik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *