Seorang wanita tengah mempraktikkan cara membersihkan panci gosong.
Tips Masak

Cara Membersihkan Panci yang Terbakar agar Tampak Baru


Tak bisa dipungkiri, kecelakaan saat memasak bisa terjadi kapan saja. Misalnya membiarkan air mendidih terlalu lama, atau lupa saat memanaskan makanan di wajan. Alhasil, alih-alih berhasil menghasilkan masakan yang enak, panci itu gosong, berkerak dan kehitaman sehingga tidak cantik lagi dan mudah rusak. Jika sudah seperti ini, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan wajan yang terbakar dan bagaimana mengembalikannya ke keadaan semula.

Saat panci favorit Anda hangus, tidak hanya proses memasaknya yang sulit, tetapi suasana hati dan niat memasak Anda juga akan menurun. Sayuran dan daging yang awalnya tumis mudah menjadi lengket karena permukaan wajan yang gosong. Kebanyakan orang mungkin akan memilih untuk membuang panci yang terbakar dan membeli pot baru. Tapi ternyata ada kamu tahu cara membersihkan wajan yang gosong agar terlihat baru. Terlebih lagi, Anda bisa melakukannya di rumah dengan peralatan yang ada.

Penasaran bagaimana caranya? Ayolah, simak tips dari MakanBanyak di bawah ini!

Manfaatkan cuka dapur

Sebotol cuka sedang diambil.
Cuka adalah solusi praktis untuk mengembalikan pot Anda ke kondisi prima. (Foto: Shutterstock)

Selain digunakan untuk memasak, ternyata cuka dapur juga bisa digunakan untuk membersihkan wajan yang gosong. Mulailah dengan memanaskan wajan yang dibakar di atas kompor hingga terasa cukup panas, kemudian angkat dan tuangkan cuka yang telah dicampur air ke atas permukaannya. Saat noda terbakar mulai terangkat, gosok permukaannya dengan spatula untuk mempercepat proses pembersihan. Setelah semua noda hilang, bilas panci dengan air bersih dan keringkan.

Meskipun metode ini cukup efektif untuk menghilangkan noda yang terbakar, jangan gunakan untuk panci antilengket, Iya! Sifat korosif cuka dapat mengikis lapisan antilengket. Tentunya Anda tidak ingin pot kesayangan Anda rusak, bukan?

Rendam wajan yang terbakar dalam air sabun

Salah satu cara sederhana untuk menghilangkan bekas luka bakar dan noda membandel adalah dengan merendam panci dengan air sabun. Caranya mudah, cukup oleskan sabun cair pada permukaan wajan hingga merata, lalu rendam wajan dalam air panas minimal satu malam. Di sini, sabun berperan mempercepat proses penghilangan noda dan memudahkan untuk dibersihkan.

Keesokan harinya, Anda bisa langsung menyikat permukaan wajan yang gosong untuk menghilangkan noda gosong. Panci Anda akan terlihat seperti baru lagi!

Gosok loyang dengan soda kue

Soda kue ditempatkan dengan sikat gigi.
Soda kue dapat dengan mudah menghilangkan noda terbakar yang membandel. (Foto: Shutterstock)

Jika Anda suka membuat kue pastinya sudah tidak asing lagi dengan baking soda, tidak? Ternyata, soda kue juga bisa digunakan untuk membersihkan luka bakar yang membandel di wajan favorit Anda. Buat campuran pasta soda kue dengan mencampurkan soda kue dengan sedikit air hangat, lalu oleskan pada permukaan yang terbakar dan gosok dengan kuas hingga semua noda hilang. Jika sudah bersih seperti baru, bilas sisa soda kue dengan air hangat dan panci Anda siap digunakan lagi.

Menggunakan minuman berkarbonasi

Selain disajikan sebagai penyegar di hari-hari istimewa, minuman berkarbonasi ternyata bisa menjadi jawaban atas pertanyaan bagaimana cara membersihkan wajan gosong agar terlihat baru. Sederhana, mudah. dan murah, cukup tuangkan minuman berkarbonasi ke dalam panci yang dibakar dan panaskan dengan api kecil. Sambil menunggu soda menghilangkan noda, Anda bisa mempercepat prosesnya dengan menggosok permukaannya menggunakan spatula kayu. Setelah selesai, bilas dengan air dan bersihkan seperti biasa.

Baikberikut beberapa cara membersihkan wajan yang gosong agar terlihat seperti baru. Alih-alih melepas panci yang menghitam, ada baiknya Anda mencoba membersihkannya terlebih dahulu menggunakan cara di atas.

Saat wajan Anda terlihat bagus kembali, Anda bisa mulai bereksperimen lagi dengan berbagai resep di dapur. Selama masih bulan Ramadanmari kita lihat resepnya sahur dan Buka puasa a la MakanBanyak yang bisa kamu layani di rumah!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *