Rice cooker di atas meja dapur
Inspirasi Dapur

Cara Membersihkan Penanak Nasi, Cepat dan Mudah


Bukan Indonesia kalau tidak ada nasi yang disajikan di atas meja. Berbeda dengan jaman dulu yang harus menanak nasi secara manual di atas kompor, kini kita bisa membuatnya dengan mudah dan cepat dengan menggunakan penanak nasi.

Pertama, penanak nasi khusus digunakan untuk menanak nasi. Namun seiring berkembangnya resep dan teknik memasak, kini penanak nasi Ini dapat digunakan untuk menghangatkan lauk, memasak sup, atau bahkan kue kukus dan banyak fitur lainnya. Tapi apakah caramu membersihkannya benar? Alih-alih membuat dapur Anda bekerja lebih mudah, penanak nasi yang kotor justru akan membuat nasinya terasa tidak enak. Selain baunya, bisa jadi umur mesin tidak bertahan lama.

Tentu saja masalah tersebut bisa dihindari dengan membersihkannya dengan benar. Lalu bagaimana cara melakukannya, Iya? Berikut beberapa tips dari Tim MakanBanyak untuk membersihkan dan merawat rice cooker agar awet dan menghasilkan nasi yang enak!

Fase persiapan

seseorang membersihkan penanak nasi
Penanak nasi yang bersih akan meningkatkan kualitas hasil masakan. (Foto: Shutterstock)

Sebelum memulai pembersihan, ada beberapa langkah persiapan yang harus diperhatikan agar prosesnya lancar dan aman. Pertama, pastikan itu penanak nasi sudah dalam kondisi dingin. Setelah itu, angkat panci di dalamnya. Kami akan menemukan pelat pemanas yang terletak di bagian bawah penanak nasi. Pastikan piringnya juga dingin, Iya!

Kedua, untuk amannya, matikan sakelar kekuasaan dan cabut semua kabel. Pastikan tidak ada listrik sebelum Anda mulai membersihkan.

Proses pembersihan

Tidak seperti panci atau piring yang bisa dicuci secara bersamaan, bersihkan penanak nasi membutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk hasil yang maksimal. Dari dalam keluar, Ayo pergi, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk pembersihan sempurna!

1. Bersihkan pan

Keberadaan panci sangat penting dalam anatomi penanak nasiKarena wajan inilah tempat nasi dimasak. Selain itu, wajan juga bersentuhan langsung dengan sumber panas.

Oleh karena itu penting untuk memperhatikan kebersihan bagian yang satu ini. Bagaimana? Tidak sulit, Betulkah! Langkah utama yang bisa kita lakukan adalah merendam wajan setiap selesai menanak nasi agar sisa-sisa nasi tidak lengket dan mengering di dinding. Rendam selama sekitar 10 menit. Kemudian bilas dan bersihkan dengan sabun cuci piring seperti biasa. Jangan lupa keringkan seluruhnya sebelum digunakan untuk memasak kembali, Iya!

2. Bersihkan tubuh bagian dalam

Meski tidak bersentuhan langsung dengan nasi, bagian dalamnya sama pentingnya untuk dibersihkan. Alasannya karena walaupun dekat dengan sumber pemanas dan jika tidak dibersihkan bisa menimbulkan noda coklat. Membersihkan bagian ini tidaklah sulit. Cukup bersihkan dengan lap basah yang sudah diberi sabun cuci piring hingga noda hilang. Kemudian tunggu sampai kering sebelum digunakan kembali.

3. Bersihkan tutupnya

Merasa bingung kenapa nasinya nyala penanak nasi cepat basi? Bisa jadi, masalahnya terletak pada tutupnya yang jarang dibersihkan. Di bagian pinggir tutupnya terdapat lubang kecil untuk mengeluarkan uap panas. Jika lubang ini tersumbat, sirkulasi udara di dalamnya juga akan terhambat. Jadi jangan lupa untuk selalu mengecek part ini saat membersihkan penanak nasi, Iya!

4. Bersihkan bagian luar penanak nasi

Seseorang sedang membersihkan penanak nasi
Meski terlihat sepele, bagian luar penanak nasi tak kalah penting untuk dibersihkan. (Foto: Shutterstock)

Membersihkan bagian luar cukup dengan dilap dengan kain lembab. Usap dengan hati-hati pada tutup, badan, dan bawah agar tidak ada noda tertinggal. Selain bisa mencegah kerusakan, jika selalu dibersihkan akan selalu membuatnya tampil cantik.

Ternyata, membersihkannya tidak sesulit yang dibayangkan, tidak? Ayolah, kami bersihkan sesuai tips di atas agar selalu dalam kondisi prima. Jangan lupa untuk mengikutinya MakanBanyak untuk mendapatkan rekomendasi resep masakan enak yang bisa kita coba di rumah, Iya!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *