kue pia basah
Resep Minuman

Cara Membuat Kue Pia Basah yang Lezat



Cara Membuat Kue Pia Basah – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang salah satu jenis resep kue basah yang sangat populer di seluruh wilayah Indonesia yaitu Kue Pia Basah.

Resep Kue Basah Pia

Resep kue pia basah


Kue jenis ini memang sangat enak untuk dinikmati. Selain itu, kue pia basah juga memiliki tekstur yang lembut dan sangat bersahabat dengan lidah kita.

Oleh karena itu, banyak orang menjadikan kue pia basah sebagai camilan saat berduaan atau bersama keluarga tercinta. Apalagi jika ditambah secangkir kopi, rasanya sangat menggiurkan.

Untuk proses pembuatannya kue pia basah Ini benar ada orang yang tahu dan ada juga yang sebaliknya. Untuk kalian yang sudah tau silahkan share info atau sarannya nanti di kolom komentar.

Bagi yang belum tahu banyak tentang proses pembuatan kue pia basah ini, Resepkuerenyah.com akan membahasnya kali ini. Silakan simak ulasan berikut ini.

kue pia basah

Simak resep membuat pai basah berikut ini:

Bahan yang digunakan untuk isinya:

  • 200 gr kacang hijau
  • 1/2 sendok teh bubuk vanila
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 100 gr gula pasir
  • 3 sendok makan minyak goreng

Bahan yang digunakan untuk membuat kulit kue pia basah:

  • Margarin 70 gr
  • 1 sendok teh garam
  • 100 gr gula pasir
  • 400 gr tepung terigu
  • 200 ml air hangat
  • 1 sendok makan ragi instan
  • Air bersih hangat secukupnya

Langkah-langkah membuat kue pia basah:

  1. Langkah pertama membuat isinya terlebih dahulu dengan menyiapkan panci kemudian disiram air secukupnya dan letakkan di atas kompor yang ada di atas.
  2. Kemudian masukkan kacang hijau ke dalam panci dan rebus hingga kacang hijau matang dan terasa empuk lalu angkat dan tiriskan terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya ambil lesung dan masukkan kacang hijau rebus ke dalam lesung dan haluskan kacang hijau hingga halus.
  4. Setelah itu siapkan wajan, tambahkan minyak dan letakkan wajan di atas kompor dengan api sedang, lalu tambahkan kacang hijau yang sudah dihaluskan, tambahkan gula pasir, bubuk vanili, dan garam halus, aduk hingga rata.
  5. Masak terus sambil diaduk – aduk sampai kering kemudian angkat dan sisihkan terlebih dahulu.
  6. Langkah kedua membuat kulit pia dengan menyiapkan satu wadah kemudian menambahkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan sambil diaduk hingga rata.
  7. Tambahkan air hangat, aduk kembali dengan tangan hingga rata.
  8. Tambahkan juga garam halus dan margarine aduk lalu uleni kembali hingga adonan benar-benar kalis.
  9. Kemudian masukkan adonan yang telah halus dalam satu wadah dan tutup rapat selama kurang lebih 30 menit atau hingga adonan mengembang.
  10. Jika sudah membentuk adonan dengan cara mengambil adonan sesuai selera atau sesuai selera lalu ratakan adonan lalu ambil adonan kacang hijau secukupnya dan letakkan di atas adonan tepung yang sudah diratakan tadi.
  11. Lalu gulung hingga adonan kacang hijau tertutup rapi. Bila sudah taruh di atas loyang yang sudah diolesi margarin. Lanjutkan seperti itu sampai semua adonan habis.
  12. Biarkan adonan yang telah diisi kembali kurang lebih selama 20 menit atau hingga adonan mengembang kembali.
  13. Terakhir, masukkan loyang berisi adonan pie ke dalam oven dan panggang hingga adonan pie matang. Angkat dan biarkan dingin.
  14. Kue pia siap dinikmati.

Baca juga: Cara Membuat Kue Pia Kacang Hijau

Itulah aliran prosesnya resep cara membuat kue pia basah yang telah kami selesaikan sebelumnya. Semoga bisa membantu anda dalam membuat kue pia basah. Silakan coba dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *