Bobobox Blog
Kuliner

Jangan Salah Disebut! Intip 10 makanan asing yang mirip dengan makanan Indonesia berikut ini


Bobobox.co.id – Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki ragam makanan. Keragaman inilah yang membuat makanan Indonesia berbeda dengan negara lain, terutama negara-negara di Eropa dan Amerika.

Namun, siapa sangka ternyata ada juga makanan asing yang mirip dengan makanan Indonesia. Makanan ini memiliki banyak kesamaan dengan makanan yang biasa Anda makan di Indonesia.

Meski begitu, tentu ada perbedaan makanan dari luar yang mirip dengan makanan Indonesia. Perbedaannya sendiri biasanya terlihat pada teksturnya, topping, bagaimana makanan ini dibuat.

Lantas, makanan asing seperti apa yang dikatakan mirip dengan makanan Indonesia? Intip 10 makanan asing yang mirip dengan makanan Indonesia di bawah ini. Jangan salah lagi, oke!

Risotto – Bubur Ayam

Makanan asing mirip makanan Indonesia, yang pertama risotto dan bubur ayam. Secara tampilan, keduanya memiliki kesamaan yaitu memiliki tekstur yang agak lembut.

Tak hanya itu, kedua makanan ini menggunakan beras sebagai bahan bakunya. Topping yang digunakan relatif sama karena adanya penambahan sayuran dan daging di atas makanan.

Namun, ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Risotto, hidangan asal Italia, sering disajikan dalam bentuk yang mirip nasi tetapi lembek. Berbeda dengan bubur yang cenderung sangat lembek.

@julienpian via unsplash.com / sajiansedap.grid.id

Bakso – bakso

Makanan asing yang mirip dengan makanan Indonesia adalah yang berikutnya bakso dan bakso. Padahal, untuk yang satu ini, ada miskonsepsi yang perlu diketahui banyak orang yang menurut mereka sama.

Secara umum bakso biasanya diartikan dalam bahasa inggris sebagai bakso. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang sebenarnya terlihat. Perbedaannya terletak pada rasio dagingnya.

Bakso sendiri hampir sebagian besar mengandung daging giling dengan relatif sedikit bahan lain yang ditambahkan. Berbeda halnya dengan bakso, rasio daging giling tidak sebanyak bakso.

@itssammoqadam via unsplash.com / IStockkphoto via tirto.id

Kakiage – Bakwan

Bakwan merupakan salah satu jajanan yang mudah Anda temukan. Nah, makanan yang satu ini ternyata juga memiliki kemiripan bentuknya dengan makanan yang berasal dari negara samurai, Jepang.

Makanan asing yang mirip dengan makanan Indonesia yang dimaksud adalah kakiage. Keduanya memiliki kesamaan dimana kedua makanan tersebut terbuat dari irisan sayur dan adonan tepung beras.

Hal yang membedakan keduanya adalah tekstur kakiage yang lebih renyah. Berbeda halnya dengan bakwan, bakwan sendiri sering dijumpai dengan tekstur yang lebih kental, meski ada juga yang renyah.

melalui greatbritishchefs.com / Dapurkobe.co.id

Yakisoba – mie Jawa

Bakmi Jawa adalah salah satu hidangan malam paling populer di daerah Solo hingga Yogyakarta. Nah, kelezatan mie jawa terletak pada aromanya yang khas yang menggugah selera.

Nah, saat Anda berlibur ke Jepang, mungkin Anda akan menemukan makanan yang mirip dengan mie jawa. Makanan asing yang mirip dengan makanan Indonesia ini adalah yakisoba.

Hidangan ini sendiri terbuat dari tumis soba. Penambahannya sendiri hampir mirip dengan mie jawa. Sayur mayur dan daging sapi atau ayam menjadi pelengkap makanan yang biasa disajikan bersama tempura ini.

melalui asianinspirations.com.au / reddoorz.com

Serabi – Pancake

Orang Eropa dan Amerika biasanya akan menyantap pancake sebagai salah satu makanan di menu sarapan mereka. Orang Indonesia juga sering menyantap makanan yang mirip dengan pancake untuk sarapan pagi.

Makanan ini adalah pancake. Dari tampilan keduanya, pancake dan pancake memang punya kemiripan. Bentuknya yang bulat dengan rasa yang manis adalah beberapa kesamaan.

Pembeda makanan asing yang mirip dengan makanan Indonesia terletak pada topping dan media memasak. Serabi lebih variatif dengan pancake telur untuk menambah menu tambahan pada pancake.

@mparzuchowski via unsplash.com / Dapurkobe.co.id

Japchae – Bihun Goreng

Saat membeli nasi kuning, bihun goreng sering dijadikan lauk untuk porsi nasi kuning yang Anda beli. Nah, makanan ini konon mirip dengan sajian Korea Selatan, japchae.

Penampakan kedua makanan tersebut sangat mirip. Anda akan menemukan perbedaannya ketika Anda benar-benar memperhatikan keduanya. Hal ini terjadi karena perbedaan bihun yang digunakan.

Bihun atau dangmyeon Korea lebih besar dan transparan. Selain itu, japchae biasanya ditumis bersama daging sapi dan jamur. Sedangkan bihun goreng lebih banyak menggunakan sayuran.

melalui seriouseats.com / primarasa.co.id

Gangjeong – Jipang

Bagi anak-anak zaman sekarang, jipang sudah jarang terdengar. Meski begitu, untuk generasi 90-an, jajanan ini termasuk salah satu makanan yang cukup populer di masanya.

Nah, makanan ini tidak hanya ada di Indonesia. Anda juga bisa menemukannya di negeri ginseng. Gangjeong, jajanan tradisional asal Korea Selatan ini mirip banget dengan jipang asal Indonesia.

Perbedaan makanan asing yang mirip dengan makanan Indonesia sulit dibedakan. Bahan baku gula mungkin bedanya dimana jipang menggunakan gula merah dan gangjeong menggunakan gula cair.

melalui maangchi.com / Bukalapak.com

Sushi – Lemper

Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang memiliki penggemarnya di Indonesia. Nah, makanan ini konon mirip dengan makanan dari Indonesia yaitu lemper.

Makanan luar negeri mirip dengan masakan Indonesia yang terbuat dari nasi yang dibungkus mirip lemper. Perbedaannya terletak pada kemasan dan kandungan kedua makanan tersebut.

Sushi dibungkus menggunakan rumput laut dengan isian seperti tuna, mentimun, dan lain-lain. Sedangkan untuk lempernya, makanan ini dibungkus dengan daun pisang yang isinya berupa ayam suwir.

melalui insider.com / Diadona melalui kumparan.com

Crepes – Leker

Makanan asing yang mirip dengan makanan Indonesia adalah crepes dan leker. Kedua makanan ini memiliki bentuk dan rasa yang sama persis. Tak heran Anda akan kesulitan membedakan keduanya.

Bahan baku pembuatan kedua penganan ini sama yaitu tepung terigu, susu, telur, dan gula. Yang memungkinkan untuk membedakan keduanya adalah lapisan kedua camilan ini.

Lekers biasanya hanya memiliki satu lapisan kulit. Nah, crepes sendiri memiliki lapisan yang lebih tebal dari pada lekernya. Sebab, crepes akan terlihat lebih besar jika disandingkan dengan busi.

@delanwansyah via unsplash.com / Hakim Santoso melalui hot.liputan6.com

Salad Sayuran – Gado Gado

Makanan asing terakhir yang mirip dengan makanan Indonesia adalah salad sayur dan gado-gado. Kedua makanan ini menggunakan bahan dasar nabati yang relatif sama untuk membuat keduanya.

Misalnya salad sayur yang mengandung sayuran hijau seperti selada, tomat, daun kangkung, jagung, dan lain-lain. Sedangkan Gado-gado menggunakan kacang panjang, tauge, kangkung, ketimun, dan lain-lain.

Untuk sausnya, salad sayur biasanya ditemani mayonaise. Beda dengan gado-gado. Gado-gado biasanya akan ditemani sambal kacang dengan tingkat kepedasan yang berbeda-beda.

melalui simacterus.com / realfood.tesco.com

Tetap dekat dengan alam? Ya di Bobocabin

Ayo hilangkan penat dari rutinitas harimu dengan menginap di Bobocabin. Salah satu penginapan modern berikut siap memberikan momen yang dapat mengisi kembali tenaga Anda untuk menjadi yang terbaik.

Bobocabin pertama sendiri terletak di salah satu tempat wisata di Bandung Selatan yaitu Ranca Upas. Buat kamu Bandung, arahkan saja kendaraan kamu ke Ranca Upas, ya!

Untuk informasi lebih lanjut, klik Link ini Iya. Jangan lupa juga ingatkan Bob jika kamu sudah bisa mendapatkan aplikasi Bobobox yang bisa kamu download sini.

Interior bobocabin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *