Bobobox Blog
Kuliner

Kenali jenis-jenis berry yang bisa dikonsumsi, menyegarkan dan kaya akan manfaat kesehatan berikut ini


Buah beri merupakan buah liar yang bisa tumbuh dimana saja. Banyak penggiat alam menjadikan buah ini sebagai makanan dalam perjalanan. Namun, tidak semua buah beri bisa dimakan, lho. Beberapa beracun. Nah, agar tidak salah pilih, yuk kita cari tahu jenis berry apa saja yang bisa dikonsumsi.

Bluberi

jenis buah beri yang bisa dikonsumsi
Foto oleh Joanna Kosinska di Unsplash

Blueberry merupakan buah yang memiliki rasa manis dan bergizi. Jenis buah beri yang dapat dimakan ini dapat dimakan baru dipetik atau dibekukan untuk konsumsi di masa mendatang. Selain itu, blueberry juga baik untuk kesehatan.

Berikan yang satu ini mengandung senyawa yang disebut antosianin. Senyawa inilah yang memberi blueberry warna biru dan segudang manfaat.

Salah satunya blueberry dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Selain itu, jenis buah beri yang dapat dimakan ini dapat membantu menjaga kekuatan tulang, kesehatan mental, dan tekanan darah.

Anda juga bisa mengonsumsi blueberry sebagai sumber vitamin C harian Anda lihat, sekitar 200 gram blueberry menyediakan 24 persen kebutuhan vitamin C tubuh Anda.

Blackcurrant, jenis buah beri yang bisa dikonsumsi

jenis buah beri yang bisa dikonsumsi
Foto oleh Christina Deravedisian di Unsplash

Blackcurrant adalah jenis buah beri yang dulunya disebut “buah terlarang”. Buah yang berasal dari Eropa dan Asia ini diduga menyebarkan jamur yang membunuh pohon pinus oleh orang Amerika. Oleh karena itu, terdapat larangan mengkonsumsi blackcurrant.

Padahal, jenis buah beri yang bisa dikonsumsi memiliki banyak manfaat. Kismis hitam mengandung antosianin, polifenol, antioksidan, vitamin C, dan asam gamma-linolenat (GLA) tingkat tinggi.

Kismis hitam juga sering diolah menjadi makanan dan minuman kesehatan. Selain itu, rasa pedasnya juga cocok untuk dicampur dengan buah-buahan lain, seperti selai dan jus.

Blackberry

jenis buah beri yang bisa dikonsumsi
Foto oleh Nick Sarro di Unsplash

Blackberry adalah tanaman asli Eropa. Namun, jenis buah beri yang dapat dimakan ini banyak ditanam di Amerika Serikat dan tumbuh liar. Blackberry memiliki rasa manis tapi asam dan enak dimakan di musim panas.

Selain rasanya yang enak, jenis buah beri yang bisa dimakan ini juga kaya akan manfaat. Blackberry kaya akan vitamin dan mineral seperti C, K, dan mangan, tinggi serat, dan dapat meningkatkan kesehatan otak.

Jenis buah beri yang dapat dikonsumsi juga mengandung antibakteri dan anti inflamasi terhadap beberapa jenis bakteri penyebab penyakit mulut.

Raspberry, jenis buah beri yang bisa dikonsumsi

jenis buah beri yang bisa dikonsumsi
Foto oleh Thais Do Rio di Unsplash

Raspberry merupakan buah berry yang memiliki banyak jenis. Ada raspberry hitam, ungu, dan emas. Namun, raspberry merah, atau Rubus idaeus, adalah yang paling umum.

Jenis buah beri yang dapat dimakan ini berasal dari Eropa dan Asia Utara dan dibudidayakan di daerah beriklim sedang di seluruh dunia. Raspberry memiliki rasa manis dan asam. Namun, manfaat raspberry tidak hanya pada rasanya. Buah ini juga memiliki segudang manfaat.

Misalnya, raspberry adalah buah dengan sumber serat yang bagus. Dengan mengonsumsi sekitar 123 gram raspberry, Anda dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh Anda sekitar 32%. Selain itu, raspberry juga kaya vitamin C yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan penyerapan zat besi.

Stroberi

jenis buah beri yang bisa dikonsumsi
Foto oleh Call Me Fred di Unsplash

Stroberi merupakan salah satu jenis buah beri yang dapat dikonsumsi dengan mudah ditemukan di Indonesia. Meski begitu, stroberi merupakan buah yang berasal dari Eropa pada abad ke-18.

Berwarna merah cerah, berair dan manis, stroberi merupakan sumber vitamin C dan mangan yang sangat baik dan juga mengandung folat (vitamin B9) dan kalium dalam jumlah yang cukup.

Buah beri yang dapat dimakan ini juga sangat kaya akan antioksidan dan senyawa tumbuhan, yang memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan baik untuk gula darah.

Soalnya, stroberi segar mengandung banyak air. Jadi kandungan total karbohidratnya sangat rendah yaitu kurang dari 8 gram karbohidrat per 100 gram.

Sebagian besar karbohidrat berry berasal dari gula sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Itulah mengapa stroberi tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang besar dan dianggap aman bagi penderita diabetes.

Tidak hanya dikonsumsi segar. Jenis buah beri yang dapat dimakan ini diolah menjadi berbagai makanan seperti selai, es krim, jus, dan masih banyak lagi.

Mulberry, jenis buah beri yang bisa dikonsumsi

jenis buah beri yang bisa dikonsumsi
Foto oleh Candace Mathers di Unsplash

Jenis buah beri yang dapat dimakan ini adalah buah beri liar yang rasanya sangat manis dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulberry mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh.

Misalnya, flavonoid dalam mulberry dapat melawan radikal bebas dan membatasi stres oksidatif. Ini penting karena stres oksidatif dapat berdampak negatif pada beberapa aspek kesehatan fisik, kognitif, dan bahkan emosional Anda.

Buah mulberry juga kaya akan asam fenolat yang berpotensi mencegah kanker dan mengatur kadar gula dalam tubuh.

Selain meningkatkan asupan polifenol seperti flavonoid dan asam fenolik, buah beri yang dapat dimakan ini juga baik untuk kesehatan jantung dan mata. Anda bisa mengonsumsi mulberry sebagai camilan sehat sebagai pengganti camilan yang biasanya sarat dengan tambahan gula.

Cranberry

jenis buah beri yang bisa dikonsumsi
Foto oleh Joanna Kosinska di Unsplash

Cranberry adalah salah satu makanan super paling populer. Biasanya jenis buah beri yang bisa dimakan ini ditemukan dalam bentuk saus atau jus. Namun, Anda juga bisa memakannya mentah-mentah, lho.

Jenis buah beri yang dapat dimakan ini berasal dari Amerika Utara dan tumbuh di banyak pertanian di seluruh Amerika Serikat bagian utara, Chili, dan Kanada.

Banyak orang menganggap cranberry sebagai makanan super karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi. Hal ini didukung oleh penelitian yang mengaitkan nutrisi dalam cranberry dengan penurunan risiko infeksi saluran kemih (ISK), pencegahan beberapa jenis kanker, peningkatan fungsi kekebalan, dan penurunan tekanan darah.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa polifenol yang terkandung dalam buah cranberry dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular termasuk tekanan darah sistolik, yaitu tekanan darah saat kontraksi otot jantung.

Punya hobi staycation? Tetaplah di Bobobox!

Makanbanyak.dll

Bingung mau kemana saat akhir pekan? Jangan khawatir. Jika Anda memiliki hobi staycation, cobalah menginap di Bobobox.

Bobobox merupakan hotel kapsul yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap Anda terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar dengan kode QR, kontrol lampu, dan sebagainya.

Untuk memberikan gambaran yang lebih realistis tentang masa tinggal Anda, Anda dapat menjelajahi pod Bobobox melalui tur virtual 360 ° bersama Bob.

Selain itu Bobobox juga merupakan hotel kapsul yang bisa membuat kamu bebas stres. Anda akan mendapatkan suasana yang tenang dan sunyi saat memasuki pod. Designnya yang modern juga enak dinikmati, apalagi bagi kamu yang suka berfoto.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk stay di Bobobox dan lupakan sejenak stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *