Beberapa orang menikmati beraneka jenis dimsum.
Tips Masak

Ketahui Perbedaan 4 Jenis Dimsum Berikut!


Penggemar masakan Peranakan tentu tidak asing dengan sajian yang satu ini. Dimsum sudah lama dikenal sebagai lauk minum teh.yum cha) dan sampai hari ini menjadi pengalaman tersendiri saat menikmatinya. Beragam jenis dimsum yang tersaji di meja makan sepertinya terlalu menggoda untuk dilewatkan. Maka tak heran jika banyak meja makan yang bertumpuk dengan wadah bambu sambil menikmati dim sum untuk brunch suka makan makan sepuasnya.

Tradisi dimsum yang sudah ada sejak abad ke-10 ini begitu berwarna, sehingga tak heran jika konon hingga 1.000 jenis dimsum telah dibuat. Rata-rata restoran memiliki puluhan hingga puluhan jenis yang bisa kita pilih. Baik, mana di antara mereka yang paling terkenal? Kita bahas satu per satu, Ayolah!

1. Hakao, sejenis dim sum yang biasanya menjadi bahan perdebatan

Wadah bambu berisi empat hakao.
Hakao, jumlah lipatan mencerminkan keahlian koki yang membuatnya. (Foto: Shutterstock)

Juga dikenal sebagai haukau atau har gow, kulitnya berbentuk seperti bulan dengan banyak lipatan penutup. Teksturnya lembut dan semi transparan dengan isian udang kupas. Sangat legendaris, hakao adalah salah satu dari empat jenis dimsum yang paling terkenal dan diberi julukan Empat Raja Surgawi.

Membutuhkan skill yang tinggi dalam membuatnya. Misalnya, kulitnya harus cukup kokoh tetapi lembut saat dinikmati dan tidak hancur saat dijepit dengan sumpit. Untuk seorang ahli, ia harus bisa membuat 7-10 lipatan penutup. Selain daripada itu, hakao kualitas tidak menempel pada kertas pelapis wadah bambu saat dikukus. Kemudian, hakao juga terasa penuh sehingga terasa sangat memuaskan.

2. Siomay, jenis dim sum yang paling terkenal

Siapa yang tidak tahu pangsit? Ternyata menjadi bagian paling vital dari seluruh hidangan dim sum. Saking populernya, siomay di Indonesia juga muncul di berbagai masakan lainnya. Misalnya sebagai teman batagor atau lauk tahu bakso kalau orang bandung biasa menyebutnya. Orang Jakarta biasa menyebut hidangan kukus yang terdiri dari kentang, tahu, siomay, kol, dan pare yang dilumuri saus kacang dan kecap ini sebagai siomay!

Sebagai bagian dari dimsum, siomay sendiri bisa menggunakan berbagai macam protein sebagai isiannya. Meski dimsum dikenal sebagai hidangan khas Kanton, siomay juga bisa ditemukan di berbagai kawasan kuliner lainnya di China.

3. Xiao Long Bao, cara menikmatinya paling beda

Wadah bambu diisi dengan xiao long bao.
Xiao Long Bao, salah satu jenis dimsum yang paling mewah. (Foto: Shutterstock)

Dari bentuknya pasti kita akan ingat dengan siomay atau baozi, tapi ukurannya lebih kecil. Biasanya xiao long bao disajikan dalam nampan bambu kukus dan terdiri dari cukup banyak. Tapi menikmatinya perlu hati-hati karena xiao long bao diisi dengan sup!

Isian selain sup bisa berupa daging, udang, kepiting, atau sayuran. Cara menikmatinya sungguh unik. Taruh satu buah xiao long bao di atas sendok bebek, sobek sedikit dengan sumpit, dan biarkan sup keluar untuk mengisi sendok. Terus nikmati selagi hangat!

4. Ceker ayam, bentuknya unik dengan rasa gurih

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ceker ayam. Sering disajikan dalam hidangan bakso atau nasi gudeg, ceker ayam juga merupakan salah satu jenis dimsum yang paling populer.

Biasanya dim sum ceker ayam harus melalui beberapa proses pemasakan terlebih dahulu agar rasanya enak. Ada proses menggoreng dan mengukus terlebih dahulu agar cekernya membesar, kemudian dibumbui dengan berbagai saus kacang spesial dan gula. Alhasil ceker ayam jadi kenyang, manis, gurih, dan pengen nambah lagi!

Tentu saja, keempat jenis dimsum ini tidak mewakili keluarga yang begitu besar. Masih banyak jenis lainnya yang akan kita bahas nanti. Bagaimana dengan keempat tipe ini? Pasti favorit semua orang kan? Luangkan waktu untuk menikmatinya bersama keluarga di akhir pekan!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *