Bobobox Blog
Kuliner

Makan Sambil Menutupi Hidung Anda? Berikut ini makanan enak yang dianggap aromanya kurang sedap!


Makanan enak umumnya akan mengeluarkan aroma nikmat yang menggugah selera meski dari kejauhan. Tidak dapat disangkal bahwa rasa dan bau berhubungan. Saat Anda mencium aroma makanan enak, Anda bisa menebak rasanya pasti enak.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk beberapa makanan. Aroma dan rasa makanan ini tidak kompak. Ada yang berbau harum tapi ada yang rasanya tidak dan ada yang berbau tidak enak, tapi ternyata rasanya enak. Apa sajakah makanan bau yang enak? Simak di bawah ini!

Durian

@jimteo via Unsplash

Bukan rahasia lagi kalau durian termasuk salah satu makanan yang baunya enak. Pencinta durian menemukan baunya yang manis dan menyenangkan. Terlebih lagi rasa, tekstur lembut Dipadukan dengan rasa manis dan wangi yang khas pasti membuat banyak orang mendambakan.

Namun bagi yang kurang suka, aroma durian kerap membuat pusing dan mual. Saya kurang suka, aroma buah ini diibaratkan bau telur busuk dengan campuran bawang merah dan bangkai hewan. Karenanya, sejumlah ruang publik dan angkutan umum (seperti kereta api dan pesawat) melarang keberadaan durian karena dapat mengganggu kenyamanan bersama.

Petai

@dwiputras via Freepik

Makanan enak bau berikutnya adalah petai. Berbeda dengan durian yang aromanya sudah tercium dari jauh, aroma petai yang menyengat biasanya akan tercium saat dikonsumsi, apalagi bila masih mentah dan umur petai sudah tua.

Selain di dalam mulut, pete juga akan membuat urine dan feses menjadi berbau. Oleh karena itu tidak sedikit juga yang terang-terangan membenci petai padahal makanan ini mengandung banyak serat sehingga bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Dipadukan dengan nasi hangat, sambal dan ikan asin, petai yang nikmat siap menggoyang lidah.

Jengkol

@ encim.gendut via Instagram

Tak kalah populer dengan petai, jengkol juga dikenal sebagai makanan yang berbau sedap karena akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap saat Anda memakannya. Bau tersebut akan menempel di mulut Anda dan juga di tubuh Anda sehingga urine dan feses yang Anda keluarkan juga akan berbau tidak sedap.

Namun dibalik baunya, makanan yang sering dimasak menjadi semur ini memiliki banyak manfaat, seperti untuk menurunkan berat badan, mencegah anemia, kesehatan jantung, dan mengatur kadar gula darah. Namun, jangan dikonsumsi berlebihan karena dapat menyebabkan keracunan akibat penumpukan asam jengkolat.

Buah Belalang

@macrofotografia via Freepik

Makanan enak yang berbau buah tidak hanya durian saja, ada juga buah yang bernama belalang buah dari carribean yang baunya tidak enak tapi enak. Karena baunya yang tidak sedap dan bentuknya seperti jempol kaki, buah ini juga sering disebut jempol bau. Buahnya sendiri sebenarnya memiliki rasa yang sangat manis dan sering dijadikan pilihan rasa untuk es krim. Uniknya, jika kulit buahnya terbuka dan tidak ada bau apapun, berarti buah tersebut kemungkinan besar sudah busuk.

Surströmming

@instakocken via Instagram

Di Swedia, Anda akan menemukan makanan lezat yang berbau sebuah nama surströmming, ikan herring kalengan berbau tidak sedap akibat proses fermentasi. Ikan haring akan direndam dalam larutan garam selama berbulan-bulan sebelum kaleng ditutup dan ditutup rapat.

Orang yang tidak terbiasa mungkin langsung muntah saat pertama kali mencoba makanan ini. Namun, di negaranya sendiri, surströmming biasanya dimakan sebagai isian sandwich dengan tambahan bawang bombay, krim asam, mentega, dan kentang.

Kimchi

@mayura via Freepik

Siapa yang tidak tahu Kimchi, makanan enak yang berbau dari negeri Ginseng, Korea Selatan. Makanan ini berupa acar sayuran yang difermentasi menggunakan garam, bubuk cabai merah, udang krill dan bumbu tambahan seperti bawang putih, jahe dan kecap ikan. Sayuran yang biasa digunakan adalah sawi putih dan lobak.

Fermentasi kemudian menghasilkan makanan dengan bau seperti makanan busuk atau busuk. Oleh karena itu tidak sedikit yang mengatakan bahwa makanan yang satu ini berbau seperti makanan yang busuk. Meski begitu, kimchi memiliki rasa yang enak dan sering dijadikan lauk masakan Korea lainnya.

Tahu busuk

@ yc_0423 melalui Instagram

Selanjutnya, ada makanan enak yang berbau bernama tahu busuk atau tahu baunya dan Anda bisa menemukannya di China, Hong Kong atau Taiwan. Makanan yang satu ini juga mengalami fermentasi sehingga menimbulkan bau selokan yang tersumbat. Tahu itu sendiri direndam dengan susu fermentasi, sayuran, dan daging.

Setelah tercampur seperti bubur, olahan tersebut akan dibiarkan berbulan-bulan sampai padat dan siap disantap. Penyajiannya sendiri biasanya digoreng kering, direbus atau dijadikan kuah dengan tambahan sambal pedas. Siapa yang siap menutupi hidungmu!

Century Egg

@ rachel_toh002 via Instagram

Selanjutnya, ada kelezatan yang disebut dengan wangi asal China telur abad. Sesuai dengan namanya, makanan ini berbahan dasar telur dengan konsep yang mirip dengan telur asin Indonesia. Hanya saja, telur abad Ini bisa dibilang versi yang lebih parah dari telur asin karena dibiarkan dalam balutan tanah liat yang dicampur dengan garam, abu kapur dan sekam selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Hasilnya adalah telur yang berbau belerang dan amonia dengan penampilan yang sama menakutkannya. Putih telur berwarna coklat dan seperti agar-agar sedangkan kuning telurnya cenderung berwarna abu-abu.

Natto

@opeko_natto via Instagram

Dari Jepang, ada juga makanan berbau sedap yang disebut natto. Natto ini merupakan kacang kedelai hasil fermentasi dengan bentuk lengket dan sangat lengket seperti terdapat lendir. Baunya seperti campuran kaus kaki lama yang belum dicuci dan keju tua. Meski terkesan tidak menjijikkan, nyatanya natto ini menjadi menu sarapan yang populer di Jepang dengan campuran nasi hangat dan telur mentah. Anak-anak sering memakannya sebagai camilan. Selain itu, makanan yang satu ini ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti untuk jantung, melancarkan peredaran darah dan mencegah obesitas.

Hakarl

@ golf.gourmet.traveller via Instagram

Berbeda dengan makanan lezat yang sebelumnya berbau tidak sedap, sebenarnya Hakarl berbau seperti produk pembersih. Tentu tidak enak dimakan dan seringkali membuat orang yang tidak terbiasa muntah.

Hakarl sendiri merupakan makanan asal Islandia yang terbuat dari daging ikan hiu. Hiu masih beracun jika masih segar. Untuk itu daging akan difermentasi selama berbulan-bulan kemudian digantung di ruangan selama kurang lebih enam bulan agar aman untuk dikonsumsi.

kol parut

@feastingome via Instagram

Sauerkraut adalah kelezatan yang berbau asal Jerman dalam bentuk kubis yang difermentasi. Banyak yang bilang asinan kubis ini baunya seperti orang tidak mandi dalam seminggu. Namun soal rasa, Anda tidak perlu khawatir. Makanan favorit Jerman ini rasanya enak apalagi jika Anda membuatnya topping untuk Hot Dog.

Keju Limburger

@jamesraftery via Instagram

Berikutnya adalah keju Limburger, kelezatan yang berbau seperti popok bayi. Keju Jerman, Belgia dan Belanda ini terbuat dari susu sapi yang difermentasi dan kulit luar kejunya dicuci untuk menghasilkan pertumbuhan bakteri. Nah, bakteri inilah yang membuat keju Limburger berbau tidak sedap seperti belerang dan kaus kaki kotor. Meski begitu, keju ini memiliki tekstur yang bagus lembut dengan rasa asam dan gurih seperti jamur.

Kiviak

melalui modernfarmer.com

Berasal dari Greenland, kiviak adalah makanan lezat yang aromanya juga berasal dari fermentasi. Kiviak sendiri terbuat dari sekitar 500 burung laut utuh (auk) yang disimpan dalam kulit anjing laut yang kemudian dijahit dan diberi minyak. Setelah itu pakan dikubur selama beberapa bulan untuk proses fermentasi. Saat digali, bagian dalamnya sudah membusuk seperti cairan. Cara memakannya adalah dengan menyedotnya melalui lubang di kepala burung.

Jika makanan yang bau membuat Anda mual, tentunya masih banyak pilihan makanan lain dengan wangi yang enak dan tentunya rasa yang enak yang bisa Anda coba. Untuk itu, Anda bisa menyempatkan diri untuk berburu kuliner khas kota-kota dengan makanan yang lezat.

Jangan lupa siapkan akomodasi strategis agar Anda tidak kesulitan menjelajahi tempat wisata kuliner dengan leluasa namun tetap dalam jangka panjang. Salah satu hotel yang menawarkan lokasi strategis namun dengan harga yang terjangkau adalah Bobobox. Hotel kapsul ini sendiri bisa Anda temukan di beberapa kota di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Ayolah download dulu aplikasinya untuk kemudahan penggunaan pemesanan, mendaftar untuk Periksa!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *