Unsalted butter tengah dilelehkan di atas wajan.
Tips Masak

Perbedaan antara Mentega Asin dan Mentega Asin


Pernah ada suatu masa ketika kami bingung memilih satu produk dengan dua varian berbeda. Salah satunya adalah ketika membeli mentega dan kami harus memilih di antara keduanya mentega tawar (tidak asin) versus mentega asin (asin). Apa hmm apa perbedaan diantara keduanya? Apakah akan terlalu asin saat Anda membelinya mentega asin? Jadi cocok untuk setiap penggunaan kapan? Lalu mana yang lebih sehat?

Baik, sekarang tidak perlu khawatir dengan jawabannya lagi. Ayolah, yuk kita kupas satu persatu tentang perbedaan keduanya!

Perbedaan mentega tawar vs. mentega asin paling dasar

Lelehkan mentega tawar di tengah wajan.
Dari segi tampilan, hampir tidak ada perbedaan antara unsalted butter dan salted butter. (Foto: Shutterstock)

Hal pertama yang dibahas tentu saja soal selera. Tentu saja tidak sesederhana itu, ya, mentega asin artinya yang mengandung garam. Lebih dari itu! Garam yang terkandung dalam mentega membuatnya awet alias tidak cepat kadaluwarsa. Garam telah dikenal sejak sebelum Masehi sebagai bahan yang digunakan sebagai bahan pengawet alami pada saat teknologi lemari es belum ada. Hingga saat ini garam masih sering digunakan dalam berbagai jenis makanan, dan mentega tentu salah satunya.

Namun mentega tawar juga tidak kalah dengan istilah lainnya. Misalnya, para chef mengakui bahwa mentega tawar memiliki rasa yang lebih segar, lebih halus, dan lebih manis.

Perbedaan dari segi kandungan gizinya

Meskipun kandungan kalori, lemak, dll. Sama, perbedaannya paling jelas di antara keduanya mentega tawar vs. mentega asin tentu saja adalah kandungan natriumnya. Menurut USDA, dari satu sendok makan terdapat 90mg sodium yang terkandung di dalamnya mentega asin dan tentu saja nol mentega tawar.

Oleh karena itu bagi mereka yang sedang membatasi asupan natrium, pilihannya mentega tawar jelas lebih dianjurkan. Pastikan Anda tidak bingung saat berbelanja mentega. Dengan menggunakan mentega tawar, lalu kita bisa mengontrol kadar garam dalam masakan yang kita siapkan atau tidak sama sekali.

Menggunakan mentega tawar sebagai alternatif mentega asin?

Roti mentega.
Mentega asin juga bisa digunakan sebagai olesan roti. (Foto: Shutterstock)

Tentu saja saya bisa! Bahkan di banyak masakan kita bisa menggunakan alternatif ini. Mulai dari sup, saus, grills, hingga tumis saja. Namun untuk resep pastry, lebih ideal digunakan saja mentega tawar. Bahkan sama sekali ragu untuk menggunakan mentega asin, Ingatlah bahwa mentega jenis ini bisa sesederhana digunakan sebagai olesan roti panggang atau sebagai topping pancake dan wafel favorit keluarga.

Jadi untuk lebih amannya, biasanya banyak yang lebih suka pakai mentega tawar karena rasa mudah mengontrol jumlah garam. Beberapa bahkan mungkin merasa kurang jika dalam proses memasak mereka tidak melakukan “ritual taburan garam”. Apakah teman-teman juga tipe itu? Jadi yang mana yang akan dipilih?

Selain masalah mentega, periksa juga perbedaan garam laut vs garam meja, nasi premium vs nasi sedang, atau lainnya bubuk pengembang vs. soda kue. Semoga bermanfaat!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *