Resep Cimol Pedas Anti Explosive, Jajanan Khas Bandung
Resep Jajanan

Resep Cimol Pedas Anti Explosive, Jajanan Khas Bandung


Resep Cimol Pedas Anti Explosive, Jajanan Khas Bandung

Cimol merupakan jajanan khas bandung yang sudah cukup tua namun tetap populer dan memiliki banyak peminat terutama anak-anak, karena sering kita jumpai jajanan ini di kantin sekolah atau pedagang kaki lima di pinggir jalan.

Dari segi rasa, rasanya lembut, kenyal, dan pedas. Cimol tidak hanya memiliki satu rasa saja, tetapi ada beberapa varian yang salah satunya adalah BBQ, keju dan jagung. Kalau mau menikmati cimol tapi tidak bisa keluar karena di PSBB alangkah baiknya kita buat sendiri di rumah. Langsung saja simak resepnya berikut ini.

Bahan Cimol Pedas

Bahan adonan:

  • 75 Gram Tepung Terigu.
  • 300 Gram Tepung Tapioka.
  • Tepung Tapioka 50 Gram (Untuk cadangan taburan jika empuk)
  • ½ sendok teh garam / sesuai kebutuhan (Anda dapat menambahkan lagi ¼ sendok teh)
  • ½ sendok teh kaldu bubuk.
  • ¼ Sendok teh merica bubuk.
  • 450 Ml Air.
  • 3 siung bawang putih.

Topping:

Cara Membuat Cimol Pedas:

1. Siapkan wadah lalu tambahkan 75 gram tepung jika sendok tidak terlalu tinggi, tidak terlalu pipih atau cembung atau 7 setengah sendok makan cembung, lalu tambahkan 300 gram tepung tapioka atau setara 30 sendok makan cembung setengah sendok teh garam, seperempat sendok teh merica bubuk dan setengah sendok teh kaldu bubuk kemudian diaduk hingga tercampur rata, setelah tercampur rata sisihkan terlebih dahulu.

Resep Cimol Pedas Anti Explosive, Jajanan Khas Bandung

2. Nyalakan api sedang lalu letakkan panci atau wajan di atas kompor, masukkan 450 milli air, 3 siung bawang putih tumbuk lalu masak hingga air mendidih saat air mendidih lalu matikan api kompor, lalu segera tuang Air panas sedikit demi sedikit ke dalam adonan tepung, sisihkan tepung terigu yang sudah dikontakkan dengan air panas sampai ke pinggir wadah lalu tuang kembali ke dalam tepung kering, sisihkan lagi setelah semua air panas dituangkan ke dalam tepung ini, aduk sampai tercampur rata.

3. Jika adonan sudah tercampur rata, diamkan sebentar sampai mendingin atau sampai tidak terlalu panas, setelah adonan hangat atau tidak terlalu panas, uleni adonan sambil diuleni adonan, taburi adonan dengan tepung tapioka dan taburi itu sedikit demi sedikit sampai Anda mendapatkan adonan yang lembut dan dapat dibentuk. Masukkan 50 gram tepung tapioka atau setara dengan 5 sendok makan cembung, tambahkan tapioka sedikit demi sedikit hingga tercampur.

Resep Cimol Pedas Anti Explosive, Jajanan Khas Bandung

4. Kalau adonan tercampur rata, hasilnya empuk dan agak lengket seperti adonan bakso, biarlah kalau adonan dibuat lebih padat hasilnya akan keras saat digoreng maka cimol akan keras. Selanjutnya adonan siap dibentuk, siapkan minyak dingin di dalam wajan agar adonan sama besar dengan menggunakan sendok takar, celupkan sendok takar ke dalam minyak goreng agar adonan tidak lengket di sendok, lalu gosok kedua tangan dengan minyak goreng dan olesi tipis-tipis. Ambil sedikit adonan dengan sendok takar lalu pulung hingga membentuk lingkaran.

Resep Cimol Pedas Anti Explosive, Jajanan Khas Bandung

5. Pasang adonan hingga berbentuk bulat halus. Setelah pulung masukkan adonan ke dalam minyak dingin, lakukan hal yang sama hingga seluruh adonan membulat. Setelah adonan sudah membulat semuanya siap untuk digoreng, nyalakan api kecil, lalu goreng cimol hingga mengembang dan matang, setelah mulai mengembang, aduk sesekali agar cimol tidak saling menempel setelahnya. cimol mulai mengembang, semua naik sedikit tapi kompor terus di goreng sampai cimol matang dan kokoh.

6. Jika ciri belum diambil, ambil satu tusuk sate cimol dengan tusuk sate bila cimol ditusuk, penyok atau cimol belum matang, lalu goreng hingga cimol mengeras. setelah warnanya mulai agak kekuningan, tempelkan satu buah cimol lagi jika tidak penyok dan padat, tandanya sudah matang,

Resep Cimol Pedas Anti Explosive, Jajanan Khas Bandung

Angkat dan angkat cimol dari minyak agar minyak mengecil lalu goreng sisa adonan dan siap disajikan.

7.Sebelum disajikan, tiriskan terlebih dahulu, lalu taburi dengan cimol boncabe juga ditaburi bubuk keju balado atau bubuk lainnya sesuai selera. Selesai! Nikmati.

Video Cara Membuat Cimol:

Penutupan

Begitulah Cimol pedas dibuat cocok untuk menjual ide. Semoga berhasil dengan temanya. Terima kasih telah mengunjungi Aroma Rasa.

Cek juga resep kami yang lain seperti: Gado Gado, Kulit Pastel, Getuk Singkong Gulung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *