Resep Es Doger Sederhana, Segar dan Manis, Cocok untuk Disajikan di Cuaca Panas
Resep Minuman

Resep Es Doger Sederhana, Segar dan Manis, Cocok untuk Disajikan di Cuaca Panas

Resep Es Doger Sederhana, Segar dan Manis, Cocok untuk Disajikan di Cuaca Panas

Resep es doger, pasti kalian semua tahu minuman ini kan? Minuman ini sangat digemari di kalangan anak sekolah karena sering dijumpai di kantin sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

Es Doger sendiri berasal dari Cirebon, walaupun berasal dari Cirebon, es ini juga dapat ditemukan di kota-kota besar, salah satunya adalah Jakarta, Malang dan Surabaya serta banyak kota lainnya.

Bagi Anda yang ingin menikmati minuman yang satu ini tidak perlu selalu membelinya di luar. Karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya pun tidak sesulit itu. Langsung saja kita simak resepnya di bawah ini.

Baca Juga: Resep Mangga Thai King Sederhana, Hasilnya Segar dan Sehat!

Bahan Ice Doger

Saya membuat 2 bagian bahan. Untuk bahan es susunya bisa menggunakan anggrek apa saja dan pewarnanya juga bebas menggunakan anggrek apa saja asalkan pewarna makanan. Untuk bahan toppingnya hanya selera saja, tidak harus sama dengan resep di bawah ini.

Bahan Es

  • 1200 ml santan
  • 300 gram gula pasir
  • Pewarna makanan mawar merah.
  • Susu kental manis secukupnya.

Bahan Cap

  • 100 gram ketan hitam (Sudah dimasak)
  • 100 gram tape singkong
  • Roti putih. (Potong dadu).
  • 200 gram daging kelapa muda (Mengikis dulu).
  • Pacar Cina.
  • Jeli.

Cara Membuat Es Doger

1. Pertama siapkan wajan, lalu tambahkan 1200 ml santan dan 300 gram gula pasir, kalau suka lebih manis bisa tambah gula, tapi kalau dirasa sudah cukup, lalu nyalakan api kecil, cenderung sedang dan aduk. pada saat memasak jangan lupa diaduk, tujuannya agar menggunakan api kecil dan terus diaduk agar santan tidak pecah, masak sampai mendidih.

2. Jika sudah mendidih masukkan pewarna makanan mawar merah, tambahkan secukupnya. jika sudah matang dan diberi pewarna untuk dimasukkan ke dalam wadahnya, wadahnya bisa menggunakan mangkok atau baskom besar. Setelah itu dinginkan di dalam freezer hingga membeku. Setelah dibekukan kemudian dikeruk menggunakan ice shovel, jika tidak ada bisa menggunakan scoop untuk mengeruknya.

Resep Es Doger Sederhana, Segar dan Manis, Cocok untuk Disajikan di Cuaca Panas
Keruk es

3. Setelah selesai dikeruk, kemudian tambahkan daging kelapa yang sudah dikeruk, aduk hingga rata. Kemudian siapkan mangkuk atau gelas untuk penyajian. Kemudian susun toping sesuai selera, mulai dari jelly bean, Chinese girlfriend, roti tawar, ketan hitam, tape singkong. Anda juga bisa menggunakan topping lain, sesuai selera. Jika semua langkah di atas sudah dilakukan. Es Doger siap disajikan.

Video Cara Membuat Ice Doger:

Penutupan

Begitulah cara membuat minuman ice doger. Cara pembuatannya pun cukup mudah dibuka, minuman ini sangat cocok disajikan saat cuaca sedang panas karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Baca Juga : Resep Bolognese Spaghetti Simple Sederhana, Hasilnya Enak

Resep Masakan
recipe image
Tanggal Terbit
Reviewed Item
Es Doger Sederhana
Author Rating
51star1star1star1star1star
Recipe Name
Es Doger Sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *