Resep Kue Ketan Super Lembut dan Anti Tarik
Resep Jajanan

Resep Kue Ketan Super Lembut dan Anti Tarik


Resep Kue Ketan Super Lembut dan Anti Tarik

Resep kue beras ketan hitam, merupakan varian kue bolu yang sangat populer di beberapa daerah. Biasanya kue yang satu ini disajikan di akhir bulan Ramadhan untuk menyambut lebaran, namun terkadang juga biasa disajikan pada arisan atau kumpul keluarga.

Kue ini memiliki rasa yang lembut, gurih dan manis. Bagi anda yang sangat ingin menikmati sajian sponge yang satu ini bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapat dan ekonomis. Ayolah! Lihat saja resepnya.

SEKILAS INFO!
Bagi Anda yang menggunakan resep ini untuk memasaknya bisa menggunakan dua cara yaitu Dikukus atau dipanggang.

Bahan Kue Beras Ketan Hitam:

  • 6 Telur.
  • 200 gram gula.
  • 200 Gram Tepung Ketan Hitam.
  • Tepung Terigu 50 Gram.
    (Tepung saya beri agar hasilnya lebih halus, kalau mau pakai 250 gram ketan hitam bisa juga).
  • 2 Sendok Makan Santan Instan (Anda dapat mendisiplinkan jika Anda tidak menyukainya).
  • 200 ml minyak goreng
    (Jika ingin memanggang minyak goreng, Anda bisa menggantinya dengan 200 gram margarin cair)
  • 1 Sendok Teh Emulsifier (Saya menggunakan SP)
  • 1 sendok teh bubuk vanila.

Perbedaan Cake Emulsifier: TBM, SP, dan Ovalet yang harus kamu ketahui!

Cara Membuat Kue Ketan Hitam:

1. Pertama siapkan 1 wadah kemudian tambahkan 200 gram gula pasir jika untuk satu sendok takar sekitar 14 sendok makan munjung, lalu tambahkan 6 butir telur, satu sendok teh pengemulsi saya pakai SP, lalu tambahkan satu sendok teh bubuk vanili lalu ini di mixer sampai itu mengembang tebal dan tahan selama 15 menit menggunakan kecepatan maksimum.

Resep Kue Ketan Super Lembut dan Anti Tarik
Contoh Adonan Stand saat di mixer

2. Setelah kurang lebih 15 menit adonan akan mengembang kental dan menempel jika garis ditarik ke atas, jejak tidak tenggelam, kemudian matikan mixer lalu tambahkan 200 gram tepung ketan hitam jika sendok tidak tinggi dan tidak terlalu kempes, sekitar 20 sendok makan.

3. Kemudian tambahkan 5 sendok makan tepung terigu atau setara 50 gram lalu diayak agar tidak ada bahan yang keriput jadi saya campur tepung dan ketan, kalau mau pakai 250 gram tepung ketan saya juga bisa pakai kuda laut. merek, kemudian ini di mixer sebentar sampai adonan dan terigu tercampur rata, saya pakai kecepatan paling rendah, lalu saya lanjutkan mengaduk pakai spatula, anda bisa mencampurnya dengan teknik mengaduk dari bawah ke atas untuk memastikan adonan dan tepung benar-benar tercampur rata.

Resep Kue Ketan Super Lembut dan Anti Tarik

4. Kemudian tambahkan 2 sendok makan santan instan untuk digunakan agar rambut terasa lebih lembut. Jika tidak suka, Anda bisa melewatkannya, lalu tambahkan 200 milli minyak goreng. Jika tidak ada gelas takar, kira-kira 35 sendok makan penuh, sebenarnya tidak disarankan menggunakan sendok karena ukuran sendoknya berbeda-beda. Tapi jika tidak punya bisa pakai sendok

kemudian aduk adonan hingga tercampur rata hingga tidak ada minyak atau endapan cairan karena jika masih ada minyak atau cairan yang mengendap saat mengukus sponge maka ikan akan benar-benar tercampur rata.

Resep Kue Ketan Super Lembut dan Anti Tarik

5. Setelah adonan tercampur rata dan siap dimasukkan ke dalam panci resep ini bisa dikukus atau dipanggang sesuai selera. Untuk olesan wajan saya menggunakan satu sendok makan margarin, satu sendok makan minyak goreng dan satu sendok makan terigu kemudian diaduk sampai tercampur rata jadi ini untuk olesan yang disebut karlo lalu oleskan Untuk wajan, saya gunakan diameter atas dari 24 cm. Kalau mau pakai loyang bulat atau kisi, saya juga bisa pakai loyang bunga.

6. Kemudian tuang adonan ke dalam loyang lalu ratakan dengan spatula lalu kocok loyang beberapa kali agar udara yang terperangkap bisa keluar. Sebelumnya saya memanaskan kukusannya, air kukusan ini sudah mendidih kemudian dimasukkan wajan berisi adonan lalu kukus kurang lebih 35 menit hingga kuenya matang dengan api sedang-kecil, jangan lupa tutup kukusan dengan kain atau bersihkan serbet, air tidak jatuh ke adonan.

7. Setelah 35 menit, buka tutup kukusan lalu teh susu, jika tidak ada adonan yang menempel, kue sudah matang, keluarkan dan keluarkan dari kukusan lalu keluarkan kue dari loyang, segera keluarkan, tidak harus menunggu dingin dulu, setelah kuenya hangat bisa langsung disajikan, sebaiknya potong kuenya menggunakan pisau tajam agar teksturnya tetap terlihat cantik.

Selesai! Nikmati.

Video tentang cara membuat kue ketan hitam:

Penutupan

Begitulah cara pembuatan lontong hitam, hasilnya sangat memuaskan. Semoga berhasil dengan temanya. Terima kasih telah mengunjungi Aroma Rasa.

Cek juga resep kami yang lain seperti: Brownies Kue Keju, Brownies Pandan Kukus, Kue Spoiled.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *