Resep Rendang Ayam Khas Minang
Resep Makanan

Resep Rendang Ayam Khas Minang


Rendang ayam bukanlah hidangan yang dimiliki setiap restoran atau rumah makan Padang. Meski begitu, sajian populer di kawasan Bukit Tinggi ini tak bisa diabaikan. Hidangan ini memiliki penggemar yang cukup banyak, terutama bagi mereka yang pernah berwisata ke Sumatera Barat. Padahal, masakan ini terbuat dari potongan ayam tanpa kulit. Merupakan menu andalan yang sering dijadikan oleh-oleh selain rendang sapi.

Di daerah asalnya, rendang adalah istilah untuk cara atau teknik memasak yang dilakukan untuk menghilangkan kandungan air dalam masakan atau yang dikenal dengan mendang. Jika di kota-kota besar di luar Sumatera Barat biasanya hanya mengenal rendang dari daging sapi, maka bahan apa saja bisa dijadikan rendang oleh suku Minang. Misalnya ayam, sayuran, hingga telur atau kerang. Menyenangkan, Baik?

Di daerah asalnya disebut rendang jika benar-benar dimasak hingga kering atau tanpa kandungan air. Tak heran jika lauk rendang dijadikan lauk pauk yang dijadikan sebagai bekal atau cinderamata karena umur simpannya yang lama. Untuk resep rendang dari daging ayam, orang Sumatera Barat biasanya mengolahnya dari daging ayam tanpa kulit. Hal ini juga berlaku untuk masakan berbahan daging ayam lainnya seperti Pop Chicken, Chicken Curry, atau Fried Chicken. Sudah menjadi kebiasaan di Sumatera Barat untuk tidak memakan kulit ayam sehingga daging ayam dijual utuh di pasar tradisional.

Sebagai pendamping Rendang Ayam Khas Minang, Anda bisa menyajikannya dengan sepiring nasi hangat, Balado Ikan Bilis, Kari Daun Singkong, atau sekedar rebus daun singkong dengan sambal hijau. Jadi, Anda ingin segera memasak, bukan? Ayolah, buat resep spesial ini!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *