Bobobox Blog
Kuliner

Suka Pisang? Ternyata itulah manfaat pisang untuk kesehatan tubuh Anda


Selain rasanya yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, pisang juga merupakan buah kaya nutrisi yang memiliki segudang manfaat. Yuk langsung saja simak manfaat pisang untuk kesehatan tubuh kamu yang sudah Bob rangkum di bawah ini.

manfaat buah pisang untuk kesehatan

(Foto oleh @AnyLane via Pexels)

1. Meningkatkan Daya Tahan

Manfaat pisang yang pertama bagi kesehatan adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan infeksi. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan vitamin A, C dan B6 yang menjaga tubuh tetap segar, sehat, dan tidak mudah lemas atau sakit.

2. Mengatasi Anemia

Selain kaya vitamin, pisang juga kaya zat besi. Zat besi yang terkandung di dalam buah pisang baik untuk mendukung pembentukan hemoglobin dalam darah. Oleh karena itu, manfaat pisang untuk kesehatan yang satu ini sangat baik untuk anda yang kekurangan sel darah merah.


Baca juga: Berikut segudang manfaat mangga untuk kesehatan tubuh


3. Menjaga Kesehatan Tulang

Ternyata, susu tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, tapi juga buah kuning ini. Manfaat buah pisang untuk kesehatan didapatkan dari kandungan fructooligosaccharides yang terdapat pada buah pisang. Zat ini justru meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Siapa sangka, salah satu manfaat pisang untuk kesehatan adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan kandungan kalium dan magnesium yang mampu menjaga kestabilan tekanan darah dan mencegah penyempitan pembuluh darah akibat bercak.

5. Metabolisme yang Halus

Manfaat pisang untuk kesehatan selanjutnya berguna untuk melancarkan proses metabolisme tubuh Anda secara alami. Tentunya jangan lupa untuk banyak minum air putih dan berolahraga secara rutin ya!

6. Merawat Kesehatan Kulit

Bagi anda yang ingin merawat dan menjaga kesehatan kulit dengan bahan alami, maka manfaat pisang untuk kesehatan sangat tepat untuk anda! Pasalnya, pisang sangat baik untuk mengatasi masalah kulit, mulai dari kulit kering hingga jerawat.

Untuk mendapatkan khasiat pisang bagi kesehatan yang satu ini, anda bisa menjadikan pisang sebagai masker wajah. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu ke masker untuk hasil yang lebih baik.

manfaat buah pisang untuk kesehatan

(Foto oleh @AnyLane via Pexels)

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pisang merupakan salah satu buah yang sangat cocok untuk anda yang sedang diet. Mengapa? Pasalnya, salah satu manfaat pisang untuk kesehatan adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan pisang merupakan buah dengan karbohidrat kompleks dan rendah lemak yang aman untuk menjaga berat badan.

8. Menjaga Sistem Pencernaan yang Sehat

Selain baik untuk menjaga berat badan, manfaat kesehatan lainnya dari buah pisang adalah baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Pasalnya, pisang banyak mengandung pati dan serat resisten yang baik untuk usus. Zat-zat tersebut berperan dalam menutrisi bakteri baik di usus untuk meminimalisir risiko kanker usus besar.


Baca juga: Manfaat Buah Naga; Salah satunya bisa mencegah kanker


9. Membantu Mengontrol Gula Darah

Bagi Anda yang cenderung memiliki kadar gula darah tinggi tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi buah yang satu ini. Pasalnya, salah satu manfaat pisang untuk kesehatan adalah membantu mengontrol gula darah.

Pektin dan pati resisten dalam pisang dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Namun, Anda harus menghindari makan pisang matang untuk penderita diabetes tipe 2.

10. Mencegah Asma

Tidak hanya dapat membantu mengontrol kadar gula darah, manfaat pisang untuk kesehatan juga mampu mencegah serangan asma. Menurut penelitian, makan pisang setiap hari bisa menurunkan risiko serangan asma hingga 34 persen pada anak.

11. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Manfaat pisang untuk kesehatan lainnya adalah meningkatkan kesehatan ginjal. Hal ini disebabkan kandungan kalium yang berperan penting dalam mengontrol tekanan darah dan menjaga kesehatan fungsi ginjal.

12. Menjaga Memori

Pisang juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan otak lho, yaitu dalam menjaga dan meningkatkan daya ingat. Manfaat buah pisang untuk kesehatan yang satu ini didapat dari triptofan dan asam amino pada buah pisang yang berfungsi untuk menjaga daya ingat.

manfaat buah pisang untuk kesehatan

(Foto oleh @alleksana via Pexels)

13. Meningkatkan Mood

Selain untuk kesehatan fisik, buah pisang juga bermanfaat untuk kesehatan mental Anda. Ya! Pisang ternyata bermanfaat dalam meningkatkan mood atau suasana hati kamu. BegituMengkonsumsi buah ini mampu merangsang pembentukan hormon serotonin di otak yang berperan menimbulkan perasaan bahagia.

14. Membantu Mengatasi Depresi

Selain meningkatkan suasana hatiManfaat pisang untuk kesehatan mental lainnya adalah dapat membantu mengatasi depresi. Hal ini disebabkan adanya zat yang disebut triptofan dalam pisang yang diubah oleh tubuh menjadi hormon serotonin atau hormon yang membawa kebahagiaan.

15. Menjaga Kesehatan Mata

Ternyata, wortel tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan mata. Manfaat pisang untuk kesehatan mata juga ternyata luar biasa. Hal ini dikarenakan pisang juga kaya akan vitamin A yang baik untuk melindungi selaput di sekitar mata serta mencegah degenerasi makula atau penglihatan kabur karena usia.

16. Membantu meredakan sakit maag

Pisang juga ternyata menjadi buah yang cocok dikonsumsi oleh anda yang memiliki masalah penyakit maag. Manfaat pisang untuk kesehatan lambung ternyata karena pisang mampu bekerja melapisi selaput lambung dan melindunginya dari asam lambung yang korosif.


Baca juga: Kenali pola makan buah dan risiko serta manfaatnya


17. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Pisang juga menjadi salah satu buah yang bisa menjadi andalan ibu hamil. Manfaat buah pisang untuk kesehatan ibu hamil didapat dari kandungan asam folat pada buah kuning ini. Asam folat tentunya sangat baik untuk pertumbuhan dan pembentukan otak janin.

18. Mengembalikan Stamina Setelah Berolahraga

Manfaat pisang untuk kesehatan selanjutnya adalah mengembalikan stamina setelah berolahraga. Ini karena pisang bisa menghilangkan rasa lelah dan kram otot setelah berolahraga.

Selain itu, pisang juga kaya akan karbohidrat, protein, dan mineral. Ketiga ramuan ini sangat bermanfaat untuk memulihkan energi dan menjaga daya tahan tubuh.

manfaat buah pisang untuk kesehatan

(Foto oleh @JuanSalamanca via Pexels)

19. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi Anda yang sering mengalami kesulitan tidur, pisang bisa menjadi salah satu solusi yang patut Anda coba. Manfaat buah pisang untuk kesehatan didapatkan dari kandungan triptofan atau zat yang berperan dalam pembentukan hormon melatonin.

Hormon melatonin merupakan hormon yang berperan dalam menciptakan perasaan rileks dan tenang. Usahakan rutin makan pisang sebelum tidur, agar Anda bisa tidur lebih nyenyak dan lebih berkualitas setiap malam.

20. Membantu Proses Detoksifikasi

Manfaat kesehatan terakhir dari pisang adalah dapat membantu mempercepat proses detoksifikasi. Hal ini dikarenakan kandungan pektin pada uang pisang mampu membantu proses pembuangan racun merkuri dari dalam tubuh melalui urine.

Pasti senang staycation di Bobobox!

Selain kesehatan tubuh yang harus dijaga dengan rajin makan pisang, kesehatan hati dan mental juga penting untuk dijaga. Dengan liburan, Anda bisa menjaga jiwa dan hati Anda senang terus.

Anda tidak perlu bingung memilih hotel mana. Datang saja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti akan memberikan pengalaman baru menginap di hotel.

PolongSuasananya yang unik dan nyaman pasti akan membuat kamu betah berlama-lama tinggal di Bobobox. Selain itu, di dalam polongada juga lampu LED yang bisa di sesuaikan dengan mood anda.

Pesan kamar tidak ribet menginap unduh hanya aplikasinya sini. Kode QR Yang ada di aplikasi juga berfungsi sebagai kunci kamar, lho. Keren kan? Apa yang kamu tunggu? Ayo menginap di Bobobox! Tetap sehat, tetap bahagia!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung polong Bobobox lulus virtual 360 ° wisata kamu tahu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *